berBagi yang bisa diBagi

Anatomi Tubuh Hewan

Dunia Hewan dibedakan menjadi dua yaitu Kelompok hewan tidak bertulang belakang (invertebrata) dan Kelompok hewan bertulang belakang (vertebrata).

KELOMPOK HEWAN TIDAK BERTULANG BELAKANG (INVERTEBRATA)

Kelompok hewan tidak bertulang belakang (invertebrata) merupakan kelompok hewan yang paling banyak di muka bumi, hampir 2 juta jenis yang telah dikenali saat ini. Hidup pada lingkungan yang beragam, dari lingkungan hutan, gua, sampai lumpur dasar laut.

Hewan tidak bertulang belakang dikelompokkan menjadi  hewan bersel satu, hewan berpori, hewan berongga, cacing, hewan lunak, hewan berkulit duri, dan hewan berkaki beruas-ruas.

01-parameciumKelompok hewan bersel satu (Protozoa) berukuran sangat kecil sehingga tidak tampak dilihat dengan mata biasa. Hewan bersel satu umumnya hidup di tempat basah, misalnya di laut atau air tawar bahkan di dalam darah. Makanannya berupa tumbuhan dan organisme bersel satu lainnya. Hewan bersel satu berkembang biak dengan cara membelah diri. Contoh hewan bersel satu diantaranya paramecium, mempunyai ukuran sekitar 0,3 mm.

Kelompok hewan berpori (Porifera) seluruh tubuhnya berlubang-lubang halus, rangkanya tersusun dari zat kapur, kersik, atau zat tanduk. Hidup di laut yang dangkal dan berair jernih, karena hidup menempel maka tidak  bisa bergerak bebas. Contoh hewan berpori adalah spon karang (bunga karang). Spon karang tidak mempunyai syarat atau organ sensor. Makanan dan air didapatkannya melalui lubang pori-pori dan diproses oleh sel khusus yang disebut “sel pengembara”. Sel pengembara ini yang mendistribusikan makanan ke seluruh tubuh spon karang.

02-ubur-ubur


Kelompok hewan berongga (Coelenterata) mempunyai bentuk tubuh seperti tabung. Bentuk tubuhnya bisa beragam tetapi mempunyai rongga dengan mulut yang dikelilingi oleh alat peraba yang disebut tentakel. Dalam keadaan berenang, mulutnya menghadap ke dasar laut. Tubuh hewan berongga terdiri dari jaringan luar (eksoderm), jaringan dalam (endoderm) dan sistem otot yang membujur dan menyilang. Contoh hewan berongga antara lain ubur-ubur, hidra, dan anemon laut.

Kelompok cacing (Vermes) bertubuh lunak, tidak mempunyai kaki dan rangka. Hidup di tanah dan di air tawar maupun air laut. Ada pula yang hidup sebagai parasit pada manusia dan hewan.
03-cacing-tanahTubuh cacing dibedakan dibedakan menjadi tiga, yaitu:
- cacing beruas-ruas, contohnya cacing tanah, lintah, dan pacet.
- cacing pipih, contohnya cacing pita, cacing hati, dan planaria.
- cacing gilik, contohnya cacing perut, cacing tambang, dan cacing kremi.

04-keong

Kelompok hewan lunak (Mollusca) mempunyai tubuh yang lunak, tidak mempunyai tulang ataupun rangka dan dilindungi oleh cangkang keras yang terbuat dari zat kapur. Tubuh hewan lunak mempunyai kelenjar yang menghasilkan lendir. Ada sekitar 100.000 jenis dalam kelompok hewan lunak, dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu kupang, sotong, dan keong.

05-bintang-lautKelompok hewan berkulit duri ( Echinodermata) seluruh tubuhnya tertutup oleh duri, tidak berkepala, dan mempunyai rangka yang tersusun dari zat kapur di luar tubuhnya (eksoskeleton). Hewan berkulit duri mempunyai mulut yang dikelilingi oleh kaki berbentuk tabung yang mempunyai alat pengisap di bagian ujungnya. Mempunyai pencernaan yang baik, tetapi sistem saraf dan sistem peredaran darahnya masih sederhana. Contoh hewan berkulit duri adalah bintang laut, bulu babi, teripang, dan landak laut.


Kelompok hewan berkaki beruas-ruas (Arthropoda) memiliki tubuh yang dilapisi oleh kulit luar yang tersusun dari zat kitin, protein dan zat kapur, membentuk rangka luar. Beberapa jenis tertentu seperti lalat dan ngengat hanya mempunyai kulit luar yang lunak, sedangkan yang lain seperti ketam dan udang laut mempunyai kulit luar yang keras.

Tubuh hewan Arthropoda terdiri dari beberapa bagian dan masing-masing bagian mempunyai kaki sendiri-sendiri. Kakinya beruas-ruas dan digunakan untuk berenang atau berjalan. Pada beberapa jenis tertentu juga berfungsi untuk penghisap bahan makanan bahkan untuk pertahanan. Hewan arthropoda dibedakan menjadi empat kelompok, yaitu lipan, labah-labah, udang-udangan, dan serangga.

06-lipanKelompok lipan hanya mempunyai kepala dan tubuh yang beruas-ruas dan dilapisi oleh kulit luar yang tersusun oleh zat kitin. Pada kepalanya terdapat sepasang antena yang berfungsi sebagai alat peraba dan mata sederhana untuk melihat. Pada tiap-tiap bagian tubuh lipan terdapat dua pasang kaki. Tubuh lipan bisa mempunyai 9 sampai 100 bagian tergantung pada jenisnya, dengan demikian kaki lipan sangat banyak akibatnya lipan berjalan pelan dengan gerakan kaki seperti gelombang  pada sepanjang badannya.

07-laba-labaKelompok labah-labah mempunyai dua bagian utama tubuh,  abdomen dan cephalothorax, yaitu kepala dan rongga dada bekerja sama. Labah-labah mempunyai empat pasang kaki tetapi tidak mempunyai antena peraba. Anggota kelompok labah-labah yang terkenal adalah kalajengking. Panjang kalajengking sekitar 2,5 – 8 cm.Tubuhnya kecil, mempunyai delapan kaki, dua sumpit besar, dan satu ekor beruas-ruas. Pada ekornya terdapat alat penyengat berbisa yang disediakan oleh sepasang kelenjar racun. Ekornya biasanya dibengkokkan menaik dan maju di atas pungungnya.

08-udang-udanganKelompok udang-udangan mempunyai tubuh yang tersusun dari tiga bagian, yaitu kepala, rongga dada, dan abdomen. Pada beberapa jenis, kepala dan rongga dada jadi satu membentuk cephalothorax. Kulit luarnya keras tersusun dari zat chitin dan zat kapur. Kelompok udang-udangan mempunyai lima pasang antena, dua pasang di atas kepala, dua pasang di rahang bawah, dua pasang di rahang atas dan satu di badan yang berfungsi bila bernapas, berenang, berjalan dan lain-lain. Contoh kelompok udang-udangan adalah udang, kepiting, dan kutu air.

09-seranggaKelompok serangga mempunyai tubuh yang tersusun dari tiga bagian, yaitu kepala, rongga dada, dan abdomen. Hampir semua serangga mempunyai sayap, sehingga menjadikan serangga satu-satunya hewan tidak bertulang belakang yang bisa terbang. Bentuk tubuhnya beragam, ada yang panjang, pipih, dan bulat. Ukurannyapun beragam mulai dari 0,2 mm – 35 cm. Pada bagian depan kepalanya, serangga mempunyai dua antena yang berfungsi sebagai alat peraba. Serangga mempunyai mata campuran yang terdiri dari ribuan “mata tunggal”. Pada beberapa jenis serangga seperti lebah, kupu-kupu, dan lalat, alat perabanya terletak di kaki. Contoh serangga adalah lebah, kupu-kupu, lalat, capung, dan nyamuk.

KELOMPOK HEWAN BERTULANG BELAKANG (VERTEBRATA)

Ada sekitar 50.000 jenis hewan bertulang belakang (vertebrata) yang diketahui sampai saat ini. Mereka hidup pada semua lingkungan biologi baik di daratan, air laut, air tawar, maupun udara. Walaupun bentuk dan ukuran tubuhnya beragam tetapi mempunyai struktur dasar tubuh yang sama. Hewan bertulang belakang umumnya terdiri dari kepala dan tubuh. Tubuh terdiri dari rongga dada dan abdomen. Hewan bertulang belakang yang hidup di darat biasanya mempunyai leher.

Kelompok ikan adalah binatang bertulang belakang yang hidup di air, bernapas dengan insang. Ikan mempunyai sirip yang berfungsi untuk berenang dan tubuh yang ramping untuk memudahkan bergerak di dalam air Secara umum ikan dibedakan berdasarkan penyusun rangka tubuhnya menjadi dua, yaitu ikan berkerangka tulang rawan dan ikan berkerangka tulang sejati.

10-ikan-hiuKelompok ikan berkerangka tulang rawan kerangkanya tersusun dari tulang rawan yang elastis. Terdapat sekitar 1.000 jenis meliputi hiu, ikan pari, ikan cucut.

11-ikan-tulang-sejati

Kelompok ikan berkerangka tulang sejati mempunyai tulang tengkorak dan tulang rangka serta ruas-ruas tulang belakang. Ikan bergerak dengan bantuan sirip yang diperkuat oleh tulang rusuk. Sirip ikan dibedakan atas sirip punggung, sirip dada, sirip perut, sirip belakang, dan sirip ekor.

12-katak

Kelompok hewan amfibi adalah binatang bertulang belakang berkulit lembab tanpa bulu yang hidup di dua alam. Kebanyakan hewan amfibi pada waktu berupa berudu hidup di air dan bernapas dengan insang. Selanjutnya setelah dewasa hidup di darat dan bernapas dengan paru-paru dan kulit. Hewan amfibi termasuk kelompok hewan berdarah dingin, artinya hewan yang memanfaatkan suhu lingkungan untuk mengatur suhu tubuhnya.

Kelompok hewan melata (reptil) adalah binatang bertulang belakang berkulit berkulit kering, bersisik, dan bernapas dengan paru-paru. Hewan melata termasuk kelompok hewan berdarah dingin, artinya hewan yang memanfaatkan suhu lingkungan untuk mengatur suhu tubuhnya.

13-kura-kuraKura-kura dan penyu mempunyai tubuh yang lebar dan dibungkus oleh kulit cangkang yang tersusun dari zat tanduk yang keras dan kasar. Kulit bagian atas berbentuk cembung dan bundar disebut karapaks dan kulit bagian bawah datar disebut plastron yang berfungsi menyokong dan melindungi tubuh kura-kura.

14-kadal1Kadal mempunyai tubuh panjang dan langsing yang meruncing ke belakang dan berakhir berupa ekor. Leher kadal panjang, pada badannya terdapat empat kaki dengan lima jari pada masing-masing kaki. Kadal adalah hewan yang sangat tangkas, dapat lari dan merayap dengan cepat. Ekor kadal yang panjang bisa membantu pergerakannya. Beberapa jenis memutuskan ekornya bila dalam keadaan bahaya. Ekornya yang diputus akan bergerak-gerak dan menarik perhatian musuh sehingga kadal dapat lari dan selamat dari bahaya.

15-ularUlar mempunyai tubuh yang panjang tanpa kaki, seluruh tubuhnya ditutupi sisik yang tumpang tindih, berfungsi untuk meluncur di atas tanah. Ular mempunyai lidah bercabang dua yang sering dijulurkan ke luar mulutnya, lidah ini berfungsi sebagai alat pembau yang membantu organ perasa yang terletak di dalam mulutnya. Mata ular selalu terbuka karena tidak mempunyai kelopak tetapi ditutupi oleh suatu lapisan bening.

16-buayaBuaya mempunyai tubuh yang panjang, berkulit tebal, berkaki pendek, dan ekor panjang yang kuat, biasanya lebih panjang dibanding badannya. Buaya mempunyai moncong yang panjang dilengkapi gigi yang kuat dan tajam untuk menangkap mangsa. Gigi buaya berjumlah 30 – 40 buah pada setiap rahang dan akan tampak tersambung ketika mulutnya tertutup. Dan gigi keempat  pada kedua rahangnya tampak menonjol ketika mulutnya tertutup.

Tuatara adalah satu-satunya sisa keturunan hewan melata purba yang hidup lebih dari 200 juta tahun yang lalu. Pertumbuhan dan perkembangan tuatara sangat lambat. Panjang tubuhnya berkisar 46 – 24 cm. Pertumbuhannya berlangsung sampai umur 25 – 35 tahun, sedangkan usianya bisa mencapai 100 tahun. Tuatara hanya bisa ditemukan di beberapa kepulauan di panatai Selandia Baru. Pada malam hari tuatara mencari serangga, burung-burung, atau kadal, sedangkan pada siang hari tidur.

16-merpatiBurung adalah hewan berbulu yang mempunyai sayap sehingga bisa terbang. Kecepatan burung terbang bisa mencapai 160 km/jam. Namun tidak semua jenis burung bisa terbang, misalnya penguin dan burung unta. Penguin berenang dan burung unta berjalan dengan kakinya, sedangkan sayapnya  digunakan untuk menjaga keseimbangan.

Hewan menyusui (mamalia) mempunyai tubuh yang tertutup oleh rambut dan memiliki alat gerak yang berupa dua pasang tungkai, sepasang tungkai belakang dan sepasang tangan, atau sepasang tungkai depan yang menyerupai sirip, atau alat gerak yang menyerupai sayap. Hewan menyusui berkembang biak dengan melahirkan anak, tetapi ada juga yang bertelur. Hewan betina memiliki kelenjar susu yang berfungsi untuk memberi makanan kepada anaknya pada awal pertumbuhan.

Hewan menyusui (mamalia) mempunyai sistem peredaran darah yang efisien dan tertutup, mempunyai satu jantung dengan dua bilik jantung. Hewan menyusui bernapas dengan paru-paru dan mempunyai sistem saraf. Tengkoraknya terpisah dari tulang belakang dan dihubungkan oleh tulang leher. Hewan menyusui (mamalia) merupakan bagian dari hewan bertulang belakang. Berdasarkan ciri-ciri dasarnya hewan menyusui dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu: mamalia monotrema,  mamalia marsupialia, dan mamalia plasenta.

17-platipusMamalia monotrema adalah hewan menyusui yang mengerami telurnya. Merupakan kelompok hewan menyusui yang jumlahnya paling sedikit, hanya dua jenis yang masih hidup saat ini, yaitu platipus dan echidna. Cara berkembang biak platipus dengan bertelur. Telurnya dibuahi di dalam saluran telur, ketika telurnya terus berkembang, maka kelenjar akan mengeluarkan cairan untuk menambah putih telur dan cangkang.

18-kanguruMamalia marsupialia adalah hewan menyusui yang berkantong. Kelompok hewan ini melahirkan anaknya yang masih lemah, kemudian dibesarkan di dalam kantongnya. Terdapat sekitar 266 anggota kelompok ini diantaranya kanguru, koala, dan oposum.

Mamalia plasenta adalah hewan menyusui yang mengandung dan melahirkan anaknya. Mempunyai bentuk dan ukuran tubuh beragam. Ciri kelompok hewan ini adalah memiliki rambut di seluruh tubuhnya . Selain itu betinanya memiliki kelenjar susu. Kelompok hewan menyusui banyak ragamnya, diantaranya:

19-kelinciKelinci mempunyai telinga yang panjang dengan ekor yang pendek. Tubuhnya ditutupi oleh bulu yang tebal. Kaki belakangnya lebih panjang dan lebih kuat dibandingkan dengan kaki depan. Kelinci tidak berjalan tetapi meloncat.

20-simpanseSimpanse bisa mencapai tinggi 1,75 m dan mempunyai tubuh pendek gemuk dan kuat. Lengannya lebih panjang dibandingkan dengan kakinya dan mempunyai ibu jari. Warna bulunya coklat ke hitam-hitaman, wajahnya lebih terang dengan bibir yang tebal. Simpanse menghabiskan waktunya dengan berjalan atau merangkak. Walau demikian simpanse juga pemanjat yang baik untuk mencari buah-buahan dan daun-daunan sebagai makanannya.

21-lumba-lumbaLumba-lumba termasuk dari sub ordo ikan paus, terdiri dari 32 jenis. Merupakan hewan menyusui yang hidup di air dan bernapas dengan paru-paru. Lumba-lumba bisa berenang dengan sangat cepat untuk mencari makanannya berupa ikan  kecil yang ada di permukaan air.

126 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. anisarifin said, on Juli 16, 2008 at 10:21 pm

    blognya bagus banget, makasih atas posting yang saya cari dan kebetulan ada disini

  2. anisa said, on Agustus 7, 2008 at 5:49 pm

    cukup lengkap , ,
    tetapi gambarnya kurang jelas

  3. Ray Mysterious ^^ said, on Agustus 30, 2008 at 8:41 pm

    sori ne, gw ma ade gw lagi nyari penggolongan ikan berdasarkan bentuk tubuhnya.. ada yang bisa bantuin nyari ga? tapi sori lagi ne, ga ada imbalannya.. keliatannya sampe bsok gw bakal tetep nyariin sampe dapet, abiz dy dapet tugas kayak gitu.. kalo ada yang dah dapet, kasih tw gw, ya.. kalo ga, insert aja di web ini.. bsok gw liat lagi d.. thanks banget.. at last but not least, sbenernya isi web ini dah lumayan complete, tapi maish ada yang kurang.. ya itu.. kok informasi tentang tugas ade gw itu ga ada ya??

  4. ahmad mujtahid said, on September 21, 2008 at 11:26 am

    saya terkesan dengan ilmu pengetahuan ini.terima kasih.

  5. minthul said, on Oktober 29, 2008 at 2:15 pm

    thanks a lot of.

  6. agung said, on November 8, 2008 at 1:30 pm

    sangat baguns sekaliiii !!!!

  7. surmana said, on November 17, 2008 at 9:44 pm

    CD PEMBELAJARAN MEMANG MEMBUAT MOTIVASI SISWA MENJADI KUAT,DISAMPING MEMBANTU GURU DLM KBM JUGA SISWA MENJADI MENYENANGKAN, MENYUKSESKAN DAN MEMBEKAS.SELAMAT BERKREASI DIDALAM MEWUJUDKAN VISI PENDIDIKAN.

  8. allysa said, on November 30, 2008 at 9:23 am

    kurang lengkap…..

    mana jumlah rangka nya????

    tolong diperbaiki!!!!!!!!!!!!!

  9. imel said, on Desember 17, 2008 at 7:26 am

    sepertinya lebih konsen ke alat geraknya ya..

  10. Dikara said, on Februari 16, 2009 at 4:25 pm

    .di tambahin lgiE dumz ttg mamaLia …
    .coZ gw ska bgd ma plJran bioLogi terutama ttg mamaliA …

  11. teddy said, on Februari 17, 2009 at 5:04 pm

    mantap banget….
    lengkap abiezz…..
    Nggak susah lg nyari tugas
    hehehehehehehehe………….

  12. teddy said, on Februari 19, 2009 at 5:14 pm

    maw tambah lagi…….
    Boleh minta struktur burung kasuari,tuatara, caecilian????
    Penting kali bwat tgas makalah !!!

  13. caroline said, on Maret 1, 2009 at 8:08 pm

    txs uda bikin blog kayak ini..wauw lengkap sekali..sangat membantu tapi kalau boleh usul next gambarnya bisa dibikin lebih jelas lagi yach..! sukses ya..and makin digandrongi dunia pendidikan. Maju trus cerdaskan bangsa. Wassalam and God bless u’r.

    salam dari sulut

  14. eca said, on Maret 1, 2009 at 10:09 pm

    yah dalam situs ini sangat lengkap banget…….. tapi gambarnya di gedein dikit dong jadi biar jelas lihat nya yah …………
    moga cukces !

  15. rody said, on Maret 14, 2009 at 12:24 pm

    gOod…. tp mSh umum mnRt Q, cb lBh spsFick yAh..

  16. ngadiman said, on Maret 23, 2009 at 5:57 pm

    makasih ya blognya bagus bgt ,saya jadi gampang nyari tugas sekolahnya.thx ^_^………………

  17. tyva said, on April 4, 2009 at 11:16 am

    . Artikelnya wenaxx,,,

  18. greg said, on April 20, 2009 at 12:36 am

    kurang lengkap!! mana anatomi vaginanya??

  19. Christma said, on Agustus 30, 2009 at 7:48 pm

    apa sih alat penghisap kupu kupu?

  20. angel said, on September 15, 2009 at 5:43 pm

    knp gambar ya kecil bnget

  21. aGunG said, on Oktober 23, 2009 at 8:30 am

    menurut saya Datanya di perlengkap lagi donk!!!!!!!!!

  22. wahyu said, on Oktober 28, 2009 at 11:45 am

    matur nuwun Yth. Bpk Sarwoedi
    sungguh bagus hasilnya, semoga dapat diperkaya lagi datanya juga bwt jg bentuk film, powerpoint dll bwt presentasi
    buanyyak pahalanya lho jg kebaikan yg berlimpah

  23. muklis said, on November 1, 2009 at 8:09 pm

    bagian-bagian tubuh pada hewan dan fungsinya posting donk…..

  24. Nisa said, on November 16, 2009 at 8:05 pm

    Saya mau tanya bekicot dan jangkrik trmasuk golongan veterbrata or inveterbrata ya ? Tolong bls scpatnya ya. Makasih.

  25. Aulia said, on November 18, 2009 at 7:30 pm

    Good Luck,accidental i average this is.But,Dissonant of my TTS.

  26. dyah sulistya y said, on November 25, 2009 at 8:56 pm

    ni skrng pljrn qw biologi thanks u/ situsX qw jd bs presentasi tp di tambah lbh lngkp lg ya……….. :)

  27. bariesta said, on Desember 7, 2009 at 7:40 pm

    wahhh…
    lengkapp lengkapp lengkapphh,,, makasihh ajjh dehh buat smuanya yahh…

  28. dio said, on Desember 31, 2009 at 11:59 am

    Salut buat Pak Sarwoedi, okey banget daah blognya

  29. Amir said, on Januari 19, 2010 at 4:24 pm

    lengkap……….

  30. Rizki Suci said, on Februari 14, 2010 at 1:50 pm

    sy mint tlong dmuatin struktur anatomi tupai kekes ya!!!!
    skarang,soalnya da tgas deadline niii…..
    tlong ya,,,

  31. Rizki Suci said, on Februari 14, 2010 at 1:53 pm

    plisssss!!!!!!!!!
    buruan….. :)

  32. Lely said, on Maret 3, 2010 at 6:41 pm

    jelek ko semua yang baca ini……..!!!!!!!!!!?????????

  33. sakura said, on Maret 11, 2010 at 11:30 am

    koq vermes nya dikit sih……….????????????

  34. sinta said, on Maret 14, 2010 at 11:45 am

    lengkap buanget………..

  35. icha hamdah said, on Maret 20, 2010 at 12:08 am

    i like it…..

  36. saeful said, on Maret 23, 2010 at 4:15 pm

    bgus bngt neh,,,,,,, tugas skul lengkap bngt d sini

  37. Gaby said, on April 4, 2010 at 7:53 pm

    Blognya keren banget………thanks…….

  38. Rizky Joe said, on April 21, 2010 at 2:02 pm

    Wah, makasih banyak. cz membantu bnget pas ngerjain tugas biologi kemaren….

  39. Vita Febianisa said, on April 27, 2010 at 6:13 pm

    : blog ini sangat penting sekali bagi saya,. terima kasih sudah di buat blog ini. dengan adanya blog ini saya bisa mengerjakan tugas dengan lancar.

  40. knowledge said, on April 29, 2010 at 4:35 pm

    i like thissss……

  41. astry aisyah rahmi said, on Mei 2, 2010 at 2:58 pm

    woooooooooowwwwwwwwww………..
    ini lengkap banget……..
    tapi masih ada 1 yang kurang, “ikan tidak berahang” gag ada….
    tapi thanks banget…… ini ngebantu aku buat ngerjain tugas…… :)
    THANK YOU VERY MUCH………:* :D

  42. achmad nidzar alif said, on Mei 10, 2010 at 10:55 am

    bagus buat artikelnya

  43. muhammad haikal perdana said, on Mei 12, 2010 at 10:16 am

    pengertian anatomi itu apa sih

  44. Anie said, on Mei 16, 2010 at 7:49 pm

    Makasih buat infonya

  45. nadya alfi fauziyah said, on Mei 19, 2010 at 3:11 pm

    materinya pas banget….
    thanks for your help…..

  46. pratika said, on Mei 28, 2010 at 3:32 pm

    hohoo..trimakasih..ini sngat membantu..

  47. dindz said, on September 21, 2010 at 5:29 pm

    sebenernya bagus..tp sayang, sumbernya dr mna?jdi ga bs bwt rujukan..TT

  48. Mrs.Knowledge said, on September 28, 2010 at 6:29 pm

    so , interest

  49. gusna said, on Oktober 1, 2010 at 9:49 am

    kasih yang lebih lengkap donk…………………………

  50. Jung Soo inELF said, on Oktober 5, 2010 at 2:30 pm

    bagus bagus

  51. indra said, on November 10, 2010 at 10:23 pm

    kurang kepiting

  52. Brantianus Yakobus Sibarani said, on November 22, 2010 at 8:39 pm

    help me to solving my duty for tomorrow. thanks sir sarwoedi. i have blog too.
    bransibarani.blogspot.com or bransibarani.wordpress.com
    thanks for share it.

  53. dion said, on November 25, 2010 at 10:13 pm

    ijin unduh pak… makasih sangat membantu sekali, gambarnya cukup jelas + keterangan yang lengkap. di tunggu artikel berikutnya…

  54. TJIETHA said, on Januari 6, 2011 at 10:35 am

    keren banget artikel nya
    ijin copas thx

  55. Lien said, on Februari 17, 2011 at 9:23 pm

    Makasih~
    bisa berbagi yg berguna
    ^^
    tugas sekolah bisa lengkap
    heheheh

  56. meii said, on Maret 8, 2011 at 4:16 pm

    mas…materinya ditambah lagi yach khusus untuk ternak ruminansia..mksi

  57. zen said, on Maret 9, 2011 at 10:43 pm

    mas kasih gambar membelah bulu babi yang benar dan cara membelahnya

  58. lindakurniawati said, on Maret 17, 2011 at 7:50 pm

    i like it … :))

  59. lindakurniawati said, on Maret 17, 2011 at 7:52 pm

    :)) ;;) :D ;) lx(;))x(b-(

  60. novi said, on Maret 22, 2011 at 11:36 am

    it’s okk , tpi cirinya kurang lengkap cind………..

  61. misbahoel moenir said, on April 16, 2011 at 11:27 am

    tambah sip ae…………

  62. Eva aprilia christi said, on April 29, 2011 at 5:23 pm

    terimakasih ya bantuannya :)

  63. veronika said, on Mei 3, 2011 at 7:54 pm

    lumayan, tap[i gambarnya kok gak nampak ea..

  64. david siadari said, on Mei 6, 2011 at 4:47 pm

    terimakasih atas artikelnya…
    smoga sukses…

  65. Riski Gokiel said, on Juli 17, 2011 at 10:19 pm

    Tolong Buat Lagi Yah Artikel Nya… Kurang Lengkap Tapi GPP Lah… Bagus Juga Untuk Tugas…

  66. RiEzhan Kusfahrudin said, on Juli 27, 2011 at 9:11 am

    Anatomi tubuh hewan.

  67. kurniawan w.p said, on Juli 28, 2011 at 7:28 pm

    sayaingin tau tentang anatomi semua makhluk mulai dari tingkat rendah hingga tingkat tinggi makasi buuuuuuuuuuuanyaaaaaaaaaaaaaaaaaak

  68. alau said, on Agustus 8, 2011 at 4:54 pm

    bukan yang kek gini yang gw cari

  69. arfi salsa said, on Agustus 12, 2011 at 8:15 pm

    makasih …. dah bantuin tugasku…

  70. CHARLES GOKILLL N KEREN ABBIIZZZZZZ said, on September 4, 2011 at 8:05 pm

    GIMANA SICH KALAU BUAT ARTIKEL AJACH GX BECUS……….GAMBAR”Y GX JELAS DAN TERLALU KECILLL DAN KALAU BISA BUAT GAMBAR TUUUUUUUUU HARUSS PAKAI WARNAAAAAAAAA YANG CERAH JANGAN SEPERTI GAMBAR ATTIKEL INI!!!!!!!!!!!!!! MENGERTIIIIIIIIIII……………………DAN KALAU BISA MOHON CEPAT DI LAKSANAKAN!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! ^ ^
    @

  71. nova said, on September 11, 2011 at 7:42 pm

    thanks ya..
    I can learn more in here..

  72. lely said, on September 14, 2011 at 7:23 pm

    blognya lengkap,smpai gbr tulangnya di liatin makasih ya :)

  73. nita said, on September 15, 2011 at 6:46 pm

    ada yang bisa jelasin gak ,, jumlah tulang pada kelinci berapa ?? dan mohon jelaskan tulang apa saja . thanks

  74. salnov dasa wage sman 1 banjarsari said, on September 18, 2011 at 10:23 pm

    hatur nuhun pisan, smga tambah artikel lainnya n gambar2nya

  75. ardia ayu artanti said, on Oktober 13, 2011 at 6:33 pm

    sedikit ketik langsug ketemu…. hihihihihihihhi, buatin lgi donk yg lebih lengkap!!! :0

  76. mama elang said, on Oktober 17, 2011 at 9:49 pm

    artikelnya bagus bisa buat membelajari si kecilku yang kebetulan di sekolahnya sedang belajar tentang anatomi ikan. nich sampai gambarnya ku klik satu2 biar jelas….. gambarnya oke lo bisa buat belajar anakku yang msh SD tx ya…

  77. Dennidzar alghifary said, on Oktober 18, 2011 at 7:17 pm

    mksih bang saya hanya perlu gambar cacing

  78. juliza said, on Oktober 29, 2011 at 9:10 am

    ok.

  79. gema said, on November 11, 2011 at 10:22 pm

    sipppppzzzzz

  80. Shinta Bunga Oryza said, on November 12, 2011 at 6:05 pm

    I LIKE IT…..:)

  81. desi ari sandi said, on November 29, 2011 at 8:17 pm

    terimakasih banyak…. sangat membantu saya mengerjakan tugas

  82. misna said, on November 30, 2011 at 8:13 pm

    terima kasih ya saya jadi tenang pekerjaan sekolah ku sudah selesai <3

  83. ahmad said, on Desember 2, 2011 at 8:26 am

    mana kadal

  84. ahmad said, on Desember 2, 2011 at 8:30 am

    nimbrung dlu and fulcccccccccccccma

  85. ratnaaaaaa said, on Desember 13, 2011 at 1:44 pm

    wweeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeleeeeeeeeeeeeeeeeeeecccccccccccccccccchhhhhhhhhhh

  86. ratnaaaaaa said, on Desember 13, 2011 at 1:46 pm

    gambar’na qoq dikit kaaaleeeeeeee tmbah lagi duuuunk bwat ngrjain tugas dari guru q
    peeeeeentiiiiiiiiiiiiiiiing bwanget lhoooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooo

  87. muach said, on Desember 25, 2011 at 3:47 pm

    tolong dung ,, contoh spesies klas amphibinya d’tambah . . . :-)

  88. happy mahmudah said, on Januari 19, 2012 at 9:18 pm

    aslm.. mksh tass bantuannya,,, dpt pengetahuan baruuu,,, jd bertambhhh niihhh

  89. putry marpaung said, on Januari 26, 2012 at 7:28 pm

    bagussss
    tx
    i like this…

  90. Itha said, on Januari 27, 2012 at 8:23 am

    MakzH wHat mtRix yNg sNgt bgz phi nie Q cmN maU n4mbHn ajj kLau 6Leh gmBr stRuktr aNtmi keLinci-nya bisa di lengkp dengN pNjLasan-nya sHngga Lbih jLaz gtUU,,,

  91. ain nurafifah said, on Januari 27, 2012 at 5:20 pm

    ciri-ciri khusus hewan tuatara itu apa ya???

  92. Daya said, on Januari 28, 2012 at 12:13 am

    LuMayan dR pD
    LuManyuuunnn gK Bs ngRjain tGs….
    Tank’s y. :-D
    smpURn Kn lg!!!

  93. Lely Aufa said, on Februari 2, 2012 at 7:42 am

    semua hewan di tampilkan gambarnya, supaya ga sussah nyarinya

  94. Lely Aufa said, on Februari 2, 2012 at 7:45 am

    bisa buat nyusun skripsi

  95. chodijatus s. said, on Februari 3, 2012 at 9:06 pm

    thanx atas infony,ne bbrp sgt brgn bgt.

  96. sha said, on Februari 11, 2012 at 6:15 pm

    mksh sangat lengkap sekali,

  97. ayu widya safitri said, on Februari 15, 2012 at 4:26 pm

    thanks yah….. lengkap banget, kbtulan yang saya cari ada di sini nich…..

  98. harisalfuadi said, on Februari 15, 2012 at 4:51 pm

    muantab kali gambarnya oe…tks ya.

  99. Chintya said, on Februari 16, 2012 at 6:54 pm

    Pengetahuan ini dpt membantu ss mengerjkan tugas.

  100. Eka Refsi said, on Februari 21, 2012 at 3:37 pm

    kurang lengkap tuh………!!?!!

  101. rizky said, on Maret 2, 2012 at 10:39 pm

    Its GOOD,I LIKE IT cause i’m a biolover,YOUR EXPLANATION HELPFUL MY JOB….Klo bisa tambain lagi yang bisa d tambah,sukses y……………….;>

  102. Alehandro MIchael Gonzales said, on Maret 2, 2012 at 10:46 pm

    HEy bro,coba buat penjelasan tentang pembedahan hewan tuk praktikum…..gue butuh bgt nich,secepatnya coy.,,,muatin aje yg standar kaya’ katak ato ikan,,

  103. Katy Perry said, on Maret 2, 2012 at 10:51 pm

    Feeling so faithless lost under the service but i like it.Thanks you have helful my homework and make which a better article again.

  104. siska sutrisliani said, on Maret 16, 2012 at 6:29 pm

    komplit bnget, gk usah pusing-pusing nyarinya,
    tiggal ksini aja,,, ;-)

  105. putri said, on Maret 26, 2012 at 6:38 pm

    mau tnya nih, alat bantu pernapasan pd beberapa jenis reptil, sprti kura-kura dan penyu dibantu oleh kloaka, sdngkn nma lain kloaka sndri itu apa ya??
    mhon jwbnnya ya,,,, thanks,,, :)

  106. Cafebaca said, on April 3, 2012 at 4:28 pm

    Wow.. thank’s yah… berguna bangetnih.. lanjutin yah…

  107. Mora Anggara said, on April 6, 2012 at 3:49 pm

    hahhahahaha
    lumayan untk mnambah ilmu

  108. dinda kurnia shafitri said, on Mei 8, 2012 at 9:50 am

    mksi info x

  109. nytha said, on Mei 12, 2012 at 9:16 pm

    plissssssssssssssssssssssssssss aq igin lebihhhhhhhhhhh mgerti harus tamba lagy yahhhhhhhh bjs

  110. [...] Referensi: sarwoedi.wordpress.com Images: infovisual.info Materi TerkaitPerpindahan Energi Panas Melalui Cara Konveksi (SC 16-18)Mengetahui dan Memahami Simbol Lalu Lintas (SE 8-12)Teknik Menulis Secara Umum (BI 13-15)Mengenalkan Konsep Waktu Pada Anak (SC 3-7)Memperkenalkan Diri Dalam Bahasa Inggris (BE 8-12)Rangka Pada Manusia (SC 8-12)Penggunaan Simple Past Tense (BE 13-15)Mengoperasikan Televisi (IT 3-7)Kebutuhan Pokok Mahluk Hidup (SC 8-12)Memahami Isi Kartu Pos (BI 8-12) setTimeout(function () { var link = document.createElement("link"); link.rel = "stylesheet"; link.href= "http://dtmvdvtzf8rz0.cloudfront.net/static/css/plain.css&quot;; link.type= "text/css"; document.getElementsByTagName("body")[0].appendChild(link); }, 1); [...]

  111. siska daud (@siskadaud) said, on September 28, 2012 at 8:45 am

    AKU MENGANTUK MEMBACA MATERINYA,
    KENAPA TIDAK DIKHUSUSKAN LAGI KE SERANGGA

  112. puteri madihah said, on Januari 21, 2013 at 12:31 pm

    aku suka baca menterinya

  113. rainbow said, on Februari 18, 2013 at 2:45 pm

    pak thankyu abis ya infonya, bsa buat ngerjain laporan pratikum :D hehehe

  114. koko said, on Februari 19, 2013 at 8:20 pm

    lenkap siih tp,, sayangny’a gx da organ tubuhnya,,,,,

  115. ani said, on Maret 7, 2013 at 9:06 pm

    tolong jelaskan mengapa hewan invertebrata dimuka bumi ini jumlahnya 97% lebih banyak dari pada vertebrata hanya 3%. tolong jawab sekarang penting

  116. nurul said, on September 2, 2013 at 7:32 am

    terimakasih banyak, alhamdulillah sangat bermanfaa.. :)

  117. chandra said, on Oktober 3, 2013 at 7:32 pm

    sudah menyelesaikan tugas kitaa

  118. wulan said, on Oktober 3, 2013 at 7:37 pm

    terimakasih banyak :)

  119. Erma Yanti. T said, on Oktober 17, 2013 at 6:48 pm

    Like this :)

  120. jihan arbaini said, on November 12, 2013 at 11:41 pm

    terima kasih infonya… tapi, saya ingin tahu mengenai struktur tubuh dari ikan glodok dan ikan sapu kaca

  121. ajengg dwiie pratiiwiie said, on November 18, 2013 at 4:34 pm

    good (y)

  122. Elytha syahla said, on Januari 19, 2014 at 7:57 pm

    aduh gambarnya kurang jelas nih.
    maaf ya tapi memang benar kok

  123. Zahwa auzura khansa said, on Januari 19, 2014 at 7:59 pm

    makasih ya atas bantuaannya
    thanks

  124. aprido said, on Mei 27, 2014 at 6:27 pm

    bagus tambah ilmu

  125. Ciri dan Klasifikasi Mollusca said, on Juni 8, 2014 at 9:52 am

    komplit bgt gan.. ane ambil buat refensi ya, thanks!

  126. ace maxs said, on Juni 14, 2014 at 11:43 am

    thx atas postingannya cukup lengkap,
    tpi kalo bisa gambarnya aga di perjelas ya gan ;)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: