berBagi yang bisa diBagi

Anatomi Tubuh Manusia

Anatomi Tubuh Manusia disusun kedalam beberapa bagian sistem tubuh, yaitu:

1. Sistem Kerangka

Kerangka tubuh manusia terdiri dari susunan berbagai macam tulang yang satu sama lainnya saling berhubungan, terdiri dari:

  • Tulang kepala: 8 buahkerangka-dada.jpg
  • Tulang kerangka dada: 25 buah
  • Tulang wajah: 14 buah
  • Tulang belakang dan pinggul: 26 buah
  • Tulang telinga dalam: 6 buah
  • Tulang lengan: 64 buah
  • Tulang lidah: 1 buah Tulang kaki: 62 buah

Fungsi kerangka antara lain:

  • menahan seluruh bagian-bagian tubuh agar tidak rubuh
  • melindungi alat tubuh yang halus seperti otak, jantung, dan paru-paru
  • tempat melekatnya otot-otot
  • untuk pergerakan tubuh dengan perantaraan otot
  • tempat pembuatan sel-sel darah terutama sel darah merah
  • memberikan bentuk pada bangunan tubuh buah

Gelang bahu yaitu persendian yang menghubungkan lengan dengan badan. Pergelangan ini mempunyai mangkok sendi yang tidak sempurna oleh karena bagian belakangnya terbuka.

tl-bahu.jpg Gelang bahu terdiri atas tulang selangka yang melengkung berupa huruf S, dan tulang belikat yaitu sebuah tulang ceper berbentuk segi tiga.

Gelang bahu berhubungan dengan rangka batang badan hanya pada satu tempat saja. Ujung sebelah tengah tulang selangka dihubungkan dengan pinggir atas tulang dada oleh sendi dada-selangka. Ujung sebelah luar tulang selangka berhubungan dengan dengan sebuah taju tulang belikat (ujung bahu) dengan perantaraan sendi akromioklavikula.

Sendi lutut

sendi-lutut.jpg Ujung bawah tulang paha mempunyai dua buah benjol sendi yang bertopang pada bidang atas tulang kering. Dengan demikian terbentuklah sebuah sendi yang dinamakan sendi lutut. Pada dinding depan sendi lutut terdapat tempurung lutut.


2. Sistem Otot

otot-punggung.jpg Otot punggung sejati merupakan dua buah jurai yang amat rumit susunannya, terletak di sebelah belakang kanan dan kiri tulang belakang, mengisi ruang antara taju duri dan taju lintang. Otot-otot punggung sejati itu hampir sama sekali tertutup oleh otot-otot punggung sekunder yang sebenarnya termasuk otot-otot anggota gerak atas dan bawah. Kedua jurai otot tersebut dinamakan penegak batang badan dan amat penting artinya untuk sikap dan gerakan tulang belakang.

3. Sistem Peredaran darah

Jantung berbentuk runjung yang terbalik letaknya. Letak jantung dalam tubuh sedemikian rupa sehingga ujung runjung tersebut (ujung jantung) mengarah ke bawah, ke depan dan ke kiri. Basis jantung mengarah ke atas, ke belakang dan sedikit ke kanan. Pada basis jantung inilah berhimpun aorta, batang nadi paru-paru, batang pembuluh balik atas dan bawah beserta ke dua (atau empat pembuluh balik paru-paru).

jantung.jpg Bagian dalam jantung terdiri atas 4 ruang: serambi kiri, bilik kiri, serambi kanan dan bilik kanan. Serambi kiri dan bilik kiri satu sama lain berhubungan, demikian juga serambi kanan dan bilik kanan. Bagian kiri jantung dipisahkan dari bagian kanan oleh sekat rongga jantung.


4. Sistem pernapasan

Paru – paru merupakan sebuah alat tubuh yang sebagian besar terdiri dari gelembung (gelembung hawa/alveoli). Gelembung-gelembung hawa terdiri dari sel-sel epitel dan endotel. Banyaknya gelembung paru-paru kurang lebih 700.000.000 buah (paru-paru kanan dan kiri).

Paru-paru terletak pada rongga dada. Pada rongga dada tengah terletak paru-paru sedangkan pada rongga dada depan terletak jantung.

paru-paru.jpg Paru-paru terdiri dari dua bagian yaitu paru-paru kanan dan paru-paru kiri. Paru-paru kanan terbagi atas tiga belah paru (lobus) yaitu belah paru atas, belah paru tengah dan belah paru bawah. Paru-paru kiri terbagi atas dua belah paru yaitu belah paru atas dan belah paru bawah.


5. Sistem Indera

Alat Penglihatan

Alat penglihatan terdiri atas bola mata, saraf penglihatan, dan alat-alat tambahan mata.
Bola mata berbentuk bulat, hanya bidang depannya menyimpang dari bentuk bola sempurna karena selaput bening lebih menonjol ke depan. Ini terjadi karena bagian ini lebih melengkung dari pada bagian lain bola mata. Titik pusat bidang depan dan bidang belakang dinamakan kutub depan dan  kutub belakang.
Garis penghubungnya adalah sumbu mata atau sumbu penglihat.

bola-mataBola mata dapat dibedakan dinding dan isinya. Dindingnya terdiri atas tiga lapis. Lapis luar adalah selaput keras, yang di depan beralih menjadi selaput bening. Lapis tengah dinamakan selaput koroid yang melapisi selaput keras dari dalam. Ke depan selaput koroid tidak mengikuti selaput bening. Di tempat peralihan selaput koroid dan selaput pelangi  terdapat bentuk yang lebih tebal dan dikenal sebagai badan siliar. Di tengah selaput pelangi ada lubang yang disebut manik mata.

Alat Pendengaran

Alat pendengaran terdiri atas pendengar luar, pendengar tengah dan pendengar dalam. Pendengar  luar  terdiri  atas  daun  telinga  dan  liang  telinga  luar.  Daun telinga  adalah  sebuah  lipatan  kulit  yang  berupa  rangka  rawan kuping kenyal.  Bagian luar liang telinga luar berdinding rawan, bagian dalamnya mempunyai  dinding tulang.  Ke sebelah dalam liang telinga luar  dibatasi oleh selaput gendangan terhadap rongga gendangan.

alat-pendengaranPendengar tengah terdiri atas rongga gendangan yang berhubungan dengan  tekak melalui tabung pendengar Eustachius. Dalam rongga gendangan terdapat tulang-tulang pendengar, yaitu martil, landasan dan sanggurdi.  Martil melekat  pada selaput gendangan dan dengan  sebuah  sendi kecil juga  berhubungan dengan landasan.  Landasan mengadakan hubungan dengan sanggurdi melekat pada selaput yang menutup tingkap jorong pada dinding dalam rongga gendangan.

Kulit

Kulit terbagi atas kulit ari dan kulit jangat. Kulit ari terdiri atas beberapa lapis, yang teratas adalah lapis tanduk yang terdiri atas sel-sel gepeng,  sedangkan lapis  terdalam disebut lapis benih yang senantiasa membuat sel-sel epitel baru.

kulitKulit jangat berupa  jaringan ikat yang mengandung  pembuluh-pembuluh darah dan saraf-saraf. Tonjolan kulit jangat berupa jari ke dalam kulit ari dikenal dengan papil kulit jangat. Di dalamnya terdapat kapiler darah dan limfe serta ujung-ujung saraf dengan badan-badan perasa.

6. Sistem Pencernaan

Rongga mulut
mulutRongga mulut mulai dari celah mulut dan berakhir di belakang pada  lubang tekak. Oleh karena lengkung gigi, rongga mulut dibagi dua bagian  yaitu beranda yang terletak di luar lengkung gigi dan rongga mulut yang terdapat di belakangnya. Beranda dibatasi ke luar oleh  bibir dan pipi yang mengandung otot-otot mimik dan karena itu gerakannya amat luas.

Geligi
Geligi terdiri atas dua baris gigi tertutup. Setiap baris gigi merupakan suatu garis melengkung yang pada rahang atas agak lain  bentuknya  daripada rahang bawah. Gigi pada rahang atas dan pada rahang bawah letaknya sedemikian rupa sehingga  penampang terbesar setiap gigi rahang atas tepat menempati sela antara dua buah gigi rahang bawah dan sebaliknya. Jadi sewaktu mengunyah setiap gigi bekerja sama dengan dua buah gigi yang berlawanan letaknya.

Lambung
lambungLambung adalah bagian saluran pencernaan makanan  yang melebar seperti kantong, terletakdi bagian atas rongga perut sebelah kiri, dan untuk sebagian tertutup oleh alat-alat yang letaknya berdekatan seperti hati, usus besar dan limpa. Lambung berhubungan dengan alat-alat itu dan juga dengan dinding belakang rongga perut dengan perantaraan dengan beberapa lipatan salut perut.

7. Sistem Urinaria

Ginjal
ginjalGinjal adalah suatu kelenjar berbentuk  seperti kacang yang terletak pada dinding belakang rongga perut setinggi ruas-ruas tulang belakang sebelah atas, ginjal kiri letaknya lebih tinggi daripada ginjal kanan.  Sisi ginjal yang menghadap  ke dalam  berbentuk  cekung.  Di sini masuk  nadi ginjal  (dari aorta) ke dalam ginjal. Nadi ini bercabang-cabang dalam jaringan ginjal.

Kandung kemih
Kandung kemih merupakan tempat berkumpulnya semua air kemih yang terpancar dari saluran ginjal. Dinding kandung kemih yang terdiri atas jaringan  otot polos  dapat   menyesuaikan  diri  terhadap   banyaknya  air kemih di dalam kandung kemih, karena dapat mengendor apabila diisi perlahan-lahan dengan air kemih.

8. Sistem Reproduksi

Alat reproduksi laki-laki
Alat-alat reproduksi laki-laki dibagi atas bagian pembuat mani dan bagian penyalur mani. Bagian pertama berupa kelenjar kelamin, yaitu buah zakar yang membentuk  sel-sel mani. Buah zakar kanan dan kiri  tergantung di dalam sebuah lipatan kulit yang berbentuk kantong dan terletak di bawah tulang kemaluan  yang  dinamakan  kandung buah zakar (skrotum). Pada sisi belakang setiap buah zakar terdapat anak buah zakar yang tergolong sebagai jalan penyalur.

skrotumSel-sel mani keluar dari buah zakar dan masuk ke dalam anak buah zakar. Di sini sel-sel mani melalui suatu saluran halus yang berliku-liku dan di bagian  bawah anak buah zakar beralih menjadi pipa mani, yang berjalan di depan  tulang kemaluan ke atas, diiringi oleh nadi buah zakar dan anyaman pembuluh balik.  Buah zakar, anak buah zakar dan tali mani diselubungi oleh beberapa kerudung dan juga selapis otot yang bernama otot pegantung  yang dapat menarik buah  zakar dan anak buah zakar ke atas.

Alat reproduksi  perempuan

Alat-alat  reproduksi  perempuan  terdiri  atas  indung telur,  tabung rahim, rahim, liang senggama dan alat-alat kelamin luar. Indung telur berjumlah dua, terletak pada dinding sisi panggul kecil di sebelah kanan dan di sebelah kiri. Masing-masing indung telur tergantung pada beberapa ikat dan lipatan salut perut. Indung telur adalah kelenjar kelamin perempuan yang menghasilkan sel-sel kelamin, yaitu sel-sel telur.

Sel-sel telur dalam indung telur diselubungi oleh oleh suatu selubung yang terdiri atas sel-sel,
keseluruhannya berupa bentuk yang dinamakan folikel atau gelembung Graaf. Pada perempuan yang telah masak kelamin, folikel yang berkembang merupakan tonjolan pada permukaan indung telur, yang menyerupai  permukaan buah srikaya. Setelah folikel masak, maka akan pecah sambil  melemparkan ke luar sel telurnya yang  kini terapung  dalam rongga perut (kejadian ini disebut ovulasi).

9. Sistem Syaraf

Otak
Sistem saraf pusat berkembang dari suatu struktur yang berbentuk bumbung. Pada bumbung tersebut dapat dilihat sebuah dasar, sebuah atap dan dua dinding sisi sebagai pembatas suatu terusan yang terletak di tengah. Dalam perkembangan selanjutnya pada beberapa tempat bumbung tadi menjadi tebal, sedangkan pada tempat-tempat lain dindingnya tetap tinggal seperti semula.

bilik-otakDi sebelah depan berkembang dua gelembung yang setangkup letaknya. Gelembung-gelembung ini kemudian menjadi kedua belahan otak besar. Di sebelah belakang terbentuk otak kecil, oleh karena itu atap bumbung di sini menjadi semakin tebal.

Sumsum Belakang
sumsum-belakangSumsum belakang menyerupai batang kelubi yang penampangnya jorong. Letaknya dalam terusan tulang belakang anatara rongga tengkorak dan daerah pinggang. Penampangnya dari atas ke bawah semakin kecil, kecuali pada dua tempat, yaitu di daerah leher dan di daerah pinggang. Di tempat-tempat ini sumsum belakang agak melebar.

10. Sistem Endokrin

Kelenjar Himofise
Kelenjar  himofise  adalah suatu  kelenjar endokrin  yang terletak di dasar tengkorak, di dalam fosa hipofise tulang spenoid. Kelenjar himofise memegang peranan penting dalam sekresi hormon dari semua organ-organ endokrin karena hormon-hormon yang  dihasilkannya dapat mempengaruhi aktifitas kelenjar lainnya.

Kelenjar Tiroid
tiroidKelenjar tiroid terdiri atas 2 belah yang terletak di sebelah kanan batang tenggorok diikat bersama  oleh  jaringan tiroid dan yang melintasi  batang tenggorok di sebelah depan. Kelenjar tiroid merupakan kelenjar  yang  terdapat  di dalam  leher bagian depan bawah, melekat pada dinding pangkal tenggorok.

Sumber :

Atlas of Human Anatomy Interactive, Icon Learning Sistems, 2003.

Raven, P. Prof. dr, Atlas Anatomi, Jakarta, Djambatan, 2005.

Syaifudin, H. Drs. B.AC. Anatomi Fisiologi, EGC, 1997.

World Book Encyclopedia Deluxe 2005, Word Book Inc. Chicago.

217 Tanggapan

Berlangganan komentar dengan RSS.

  1. Dian said, on Mei 12, 2008 at 11:58 am

    Kenapa yg dibhs cm anatomi manusia secara umumnya aja???!!!khan ada bgsnya kalo yang laen jg di bhs…seperti sistem indera,atau sistem pencernaan contohnya…

  2. dr. Harizon Hendrik said, on Mei 23, 2008 at 8:04 am

    dimana saya dapatkan CD tentang jantung paru dan pembuluh darah, baik fisiologi maupun patofisiologinya, serta yang berkaitan dengan bedah thorax, terima kasih. mohon bantuanya
    regards
    dr. Hari

  3. R.Susanto Raharjo said, on Juni 12, 2008 at 1:35 pm

    bGUS DAN LUAR BIASA.KAMI DARI NEUROCHIROPRAKTIK JOGJAKARTA SANGAT BERTERIMAKASIH APABILA BAPAK ATAU IBU MENGIRIMKAN GAMBAR ANATOMI TULANG BELAKANG DAN SPINAL JUGA SISTIM SARAF.

  4. bexbex said, on Juli 8, 2008 at 3:51 pm

    halamannya di permudah dong dalam pengaksesannya

  5. isan said, on Juli 11, 2008 at 3:38 pm

    mohon diperjelas anatomi rangka manusia

  6. mubin said, on Juli 16, 2008 at 10:42 am

    mungkin bisa di bahas lbh DALAM lagi mengenai anatomi dan fisiologinya……………………………..THANKS

  7. Haris Zaky Mubarak said, on Juli 21, 2008 at 1:12 pm

    gambar sistem urinaria dong

  8. catur agung pribadi said, on Juli 23, 2008 at 2:39 pm

    menurut saya ok juga

  9. ahmad maulana said, on Juli 25, 2008 at 11:14 am

    coba dong jelasin kenapa kok bisa adanya anatomi…?

  10. Dipa said, on Agustus 9, 2008 at 8:40 pm

    Hindari merokok agar kmu tdk terserang kangker

  11. ercha said, on Agustus 10, 2008 at 11:04 am

    we add g dunk………..

  12. diki mahpud siddik said, on Agustus 19, 2008 at 9:44 am

    acungkan jempol, telah membantu proses pendidikan di indonesia!

  13. setia said, on Agustus 27, 2008 at 12:19 pm

    mau donk lebih tau tentang anatomi.
    klo bisa gambarnya lebih banyak & lebih jelas

  14. John George said, on Agustus 31, 2008 at 1:57 am

    Saya harap Dr boleh tolong saya .

    Saya mahu 4 MCQ soalan mengenai sistem skeletal badan dalam Bahasa Malaysia(Indonesia) . Adakah bapa tahu dimana saya boleh dapat 4 soalan dalam Bahasa Indonesia atau hantar ke emel saya.

    Terima Kasih

    Dr John Malaysia

  15. niiiiia said, on September 11, 2008 at 6:34 pm

    gmana kalo aDa raNgka maNusiA leNgap dgn bdn2 nx???

  16. nora said, on September 14, 2008 at 7:27 pm

    jelaskan donk arti dari sistem indera,pencernaan,urinaria

  17. mubin said, on September 26, 2008 at 10:36 am

    Assalamu’alaikum Pak Guru, eh pak guru rajin bgt,… wah sperti yg lain klo ada cd pembelajara Aq juga pengen,.. terus piye carane…? he2x.. Eh aq pngen dolen neng pean,.. tp kpan yo…

  18. ansera said, on September 27, 2008 at 1:01 pm

    kok pnjlasnnya ngga lengkap?

  19. Rasta said, on September 28, 2008 at 4:26 pm

    Woey . . . pak Kok Cma NeH ja Sih
    KAn maSih Bnyak Lgi Yg Bsa D’Bahaz . . . ? ?

    ^FuCk^

  20. Rachel said, on September 28, 2008 at 9:18 pm

    Aduh, makasih banget buat infonya!!!
    Dapet tugas tentang kerangka nih.
    Thx yah ^_^

  21. STAY said, on Oktober 6, 2008 at 12:33 pm

    Pak Rangkane Kurang Lengkap Pean Lok Ngasi Tugas Yg Gampang2 Aj

  22. mala said, on Oktober 15, 2008 at 1:35 pm

    penjelasan sistem urinarianya kok g da…

  23. fausan said, on Oktober 16, 2008 at 1:56 pm

    thanks atas infonya y… klo ada info yg terbaru, tolong kirim ke email aq.

  24. yadi.ksw said, on Oktober 18, 2008 at 8:57 pm

    hanya ucapan trimakasih atas bantuanya

  25. kondex said, on Oktober 21, 2008 at 8:32 am

    knapa kalo mencari bagian-bagian organ tubuh manusia itu susah banget !!! apalagi gambr2 bagian bagian organ tubuh,

  26. RIA said, on Oktober 23, 2008 at 9:57 am

    WAH SAYA SANGAT TERBANTU DENGAN APA YANG BAPAK TULIS. MOHON KALAU BISA SISTEM PERSYARAFAN YA PAK

  27. cahaya said, on Oktober 26, 2008 at 10:22 am

    anatomi fisiologi otot dan rangka manusia yang lengkap dund… klami mahasisiwa akper memerlukan keterangan yang lengkap

  28. Edi said, on Oktober 26, 2008 at 10:36 am

    Wah…bagus sekali trimakasih

  29. Nurhadi said, on November 1, 2008 at 8:56 pm

    kalau bisa situs ini di tambah seluruh Anggota tulang dari kepala sampai kaki dan keterangannya………………..

  30. JEMI said, on November 5, 2008 at 4:29 pm

    TOLONG UNTUK DITULIS MASALAH-MASALAH ANATOMI SECARA LEBIH SFESIFIK LAGI,TERIMA KASIH

  31. herdiansyah prima said, on November 7, 2008 at 7:20 pm

    Assalamu’alaikum ……………

    gmn klo pembahasannya
    labih detil lagi …….
    jdnya org bisa lebih ngerti
    tanpa harus buka2 situs2 yang laen ………

    thank’s …………..

  32. Daman said, on November 10, 2008 at 7:36 pm

    tolong doonk… nama-nama anatominya dilengkapi dengan bahasa ilmiahnya jadi sangat membantu saya loh untuk mempelajarinya.
    Terimakasih atas bantuannya.

  33. sapta said, on November 24, 2008 at 9:29 pm

    ijin kopi gambar anatominya………….makasih sebelumya

  34. nono said, on November 27, 2008 at 11:58 pm

    wah bagus banget, lain kali bisa lebih banyak lagi yang di kupas, thx berat

  35. martin said, on Desember 12, 2008 at 7:51 am

    bagus…..informatif

  36. deeann said, on Desember 19, 2008 at 11:52 am

    Adakah saluran yang sama antara rahim, lambung, ginjal???
    karena aku ngalamin pendarahan terus2an di vaginaku, sementara aku cek USG, rahimku baik2 aja. Ada yang bisa nerangin ke aku ga tentang yang aku alami ini??? Thx

  37. RIO said, on Desember 23, 2008 at 8:28 am

    BAGUS SEKALI..BISA MEMBANTU JELSAKAN TENTANG PATOLOGI ANATOMI

  38. edi juandi said, on Desember 24, 2008 at 6:08 pm

    Terimakasih pak, yang bapak tulis pasti bermanfaat. Maju !!!!! Indonesiaku……

  39. SIPANDO said, on Desember 26, 2008 at 8:04 pm

    keren bgt….sy jadi tau bnyk tentang anatomi tubuh lawan……secara sy kan petarung

  40. amy said, on Desember 27, 2008 at 12:48 pm

    thanks bgt tz ilmu na ya……..

  41. shabila said, on Januari 10, 2009 at 12:17 pm

    kok penjelasannya cmn sdikit……….?????
    kalo ngebahas mengenai organ tubuh manusia kan banyak banget tuch…
    ditambah donk..

  42. shabila said, on Januari 10, 2009 at 12:24 pm

    kok penjelasan tiap sistem organnya dikit bgt,..???
    tolong diperjelas lagi donk…!!!!

  43. ashieda said, on Januari 12, 2009 at 10:54 am

    kenapa bahasa indon itu x diubah menjadi bahasa melayunya agar mudah difahami orang lain dan agak susah mahu memahaminya.isinya agak padat dan masih oleh diterima.ok thanks

  44. evelyn said, on Januari 17, 2009 at 9:42 pm

    tolong lebih lengkap lagi……..di sertai gAMBAR

  45. nana said, on Januari 19, 2009 at 9:17 pm

    saya ambil artikelnya mas buat nambah referensi. terimakasih

  46. david said, on Januari 23, 2009 at 12:21 pm

    bisa gak disisipkan gambar yang lebih jelas agar mudah untuk lebih dipahami.

    terima kasih.

  47. afra said, on Februari 6, 2009 at 7:41 pm

    dimana saya dapatkan CD tentang jantung paru dan pembuluh darah, baik fisiologi maupun patofisiologinya, serta yang berkaitan dengan bedah thorax, terima kasih. mohon bantuanya
    regards

  48. Jito said, on Februari 24, 2009 at 1:28 pm

    Tolong dong dijelaskan sistem kerja otot.
    Serta hal2 yang menyebabkan otot tidak bekerja secara optimal … ???

  49. Cwakep abizzz said, on Februari 24, 2009 at 1:31 pm

    Bagaimana seharusnya yang akan kita lakukan jika otot kita mengalami kram, ataupun kejang2…???
    Dan tolong dong, artikelnya pada objek gambar2 agar bisa lebih besar dan diperjelas

  50. Wira-Wiri said, on Februari 24, 2009 at 1:33 pm

    NO COMMENT …!!!!!

  51. ester br tambunan said, on Februari 24, 2009 at 4:18 pm

    gambarnya tolong diperjelas dunk
    saya ini mahasiswa kedokteran methodist

  52. ciels said, on Maret 14, 2009 at 12:16 pm

    Tx 4 all.OK punya atuh . . . . Tp chayang g lengkap.Lengkapi dunk dg bagian2 n fungsinya.

  53. duska8 said, on Maret 16, 2009 at 1:34 pm

    kalo gagal ginjal keduanya ( ka-ki ) bisa seorang insan bertahan hidup gak…?
    mohon pencerahannya. tq.

  54. imank said, on Maret 18, 2009 at 1:58 am

    penonjolan disekitar lutut to disebabkan karena pa???
    mohon penjelasannya…
    tank u…..

  55. Yousuf said, on April 17, 2009 at 11:26 pm

    Nyeri pinggang apa obatx

  56. Sutopo Mega said, on Mei 15, 2009 at 10:35 am

    saya sedang mencari gambar’JEROHAN”nya agar kalau ada yg tidak beres bisa ngebanyangin letak / atau daerah mana yang diserang.

  57. Anang hambuku said, on Juni 5, 2009 at 10:48 pm

    Kalau ada dan baca komentar ini kirimi ke e-mail anang.rm@gmail.com , contoh-contoh soal ujian kedokteran tentang anatomi & fisiologi thank’s.

  58. irvan nasily said, on Juni 22, 2009 at 5:35 pm

    bagus. kalo bisa lebih lengkap dan komperehensif! jazakumullahu khairan katsiran…

  59. DensS cessario said, on Juni 23, 2009 at 7:07 am

    Wah, thank you.

  60. Eka said, on Juli 5, 2009 at 11:53 am

    Aslm_gmn klo ditmbh persendian n persambungan + gbr, otot jg mlai dr otot bagian kepala mpe kaki + gbr !!!
    skedar msukn c, trims
    Wslm_

  61. Rista said, on Juli 11, 2009 at 3:02 pm

    Q suka dgn penjelasan nya,tapi lw bisa gambar nya d tambah ya, . . .

  62. winda said, on Juli 13, 2009 at 9:37 pm

    hay,,
    bisa minta istilah anatomi tubuh manusia yg pake nama latin gak??
    alx quw da tgas dri skolah..
    mohon bantuanx
    ..
    ^_^

  63. Handy said, on Juli 23, 2009 at 2:11 pm

    Tolong juga sebutin gangguan-gangguannya? Dari ujung rambut sampe ujung kaki

  64. chimey said, on Agustus 2, 2009 at 11:08 am

    lebih di perjelas donk anatomi paru2nya….

    ok….!!!!!

  65. ika said, on Agustus 12, 2009 at 7:56 am

    Dokter….. aku minta ijin copas gambarnya ya…..

    Makasih….

  66. bayu setiawan said, on Agustus 16, 2009 at 4:32 pm

    Mantra :“Bismillahirrohmanirrohiim, alloh humma sholli wasalim wabarik alaa dulur papat limo pancer gus har utawi roh idhafi lan roh ilafi kanjeng Nanang Hariadi gurune poro wali ing tanah jowo Sun matek aji, ajiku kunci wali,Di kancing para nabi,Di konci dening Alloh,Sakabehing hawa nafsuh lan kasekten si ….Kang agawe ala marang badaningsun,Oleh berkahing Kanjeng Nabi Muhammad.

  67. Nurul said, on Agustus 26, 2009 at 5:37 am

    Mkch..
    Kalo bs lbh lgkp ttg anfis na lbh bgs lg..
    But,smua na uda bgus ko.

  68. Adu ni ru keren abis.. Tp klw bisa gambrx diperjelas trus..nama latin sekalian gambrx dunk supy wawsn q bertmbh..cz q perlu bangets.. said, on Agustus 27, 2009 at 3:51 am

    Gambrx diperjls ya cz masi bxk yg rabn..n klw bisa nama latin n sekalian gambrx
    n thanks seblmx

  69. ayu farah said, on Agustus 28, 2009 at 12:20 pm

    wow….thx bgt dah nmbh pngthuan aq,,,,
    nama latinnya dong….

  70. ayu farah said, on Agustus 28, 2009 at 12:21 pm

    thx bwt ilmunya
    nama latinnya dong

  71. ChRiiStiiN3 said, on Agustus 28, 2009 at 1:13 pm

    salam sejahtera…

    Trimakasih bpk.Edi atas pelajaran anatominya… saya bisa belajar dan mendapat gambaran tentang anatomi..

    Tuhan Memberkati PeLaYanan bpk…

  72. abdul said, on September 5, 2009 at 9:51 am

    pak saya pengen tau lebih banyak tentang anatomi???????
    kalo pengen beli buku tentang anatomi,apa judul bukunya??
    terima kasih………..

  73. gusman said, on September 13, 2009 at 9:10 pm

    bs dkirim ke fb saya

  74. ikhwan said, on September 19, 2009 at 1:03 pm

    bisa jelasin tentang anatomi organ aksesor?
    blesanx tlong cepat y….

  75. ayu, imz & nita said, on September 30, 2009 at 11:47 am

    aslmwb….
    kmi bertiga mengucapkn terimakasih atas ilmunya yang bisa di bagi…
    ayo bagi-bagi lagi…

  76. ♫♦♥ Aini ☺♥☻ said, on Oktober 1, 2009 at 3:47 pm

    kereen banget makasihya saya jadi bisa ngerjain pr saya!

  77. sakisaki said, on Oktober 6, 2009 at 7:41 pm

    arigato~~~
    makasih,,
    pejelasannya sangat membantu..
    ^^
    keep work..

  78. ance said, on Oktober 7, 2009 at 7:23 pm

    turnuwun semoga bisa lebih banyak pengetahuan yang dapat di sampaikan dok

  79. Rizky said, on Oktober 7, 2009 at 8:01 pm

    kasih penjelasan nya lebih banyk lagi donk.. klo bisa pake bahasa yunani yah… thnkz

  80. mda said, on Oktober 8, 2009 at 8:03 pm

    hai boleh kenalan nggak

  81. ardian said, on Oktober 11, 2009 at 7:52 pm

    tolong dong yang lengkap / detail biar nyarinya gampang.

  82. edwin said, on Oktober 13, 2009 at 12:09 pm

    pak/bu!!
    .
    .
    tolong donk krimin gambar Anaomi tulang seluruh tubuh beserta nm ilmiah nya!!!
    .
    osteologi bu!!!!
    .
    .
    mohon bantuan na!!

  83. ricky marteen said, on Oktober 14, 2009 at 12:52 pm

    lumayan banyak uraian’y tp masih kurang lengkap.
    lengkapi lg donk !!
    thx.

  84. Ardista said, on Oktober 14, 2009 at 2:09 pm

    3t5ry

  85. Ardista said, on Oktober 14, 2009 at 2:09 pm

    oke

  86. deby said, on Oktober 17, 2009 at 6:53 pm

    penjelasannya kurang tp, udah oke ko……….^_^

  87. hans said, on Oktober 28, 2009 at 8:50 pm

    tolong kirim gambar pankreas yang se-jelas2nya thanks …..

  88. rera said, on November 3, 2009 at 4:13 am

    terimakasih atas penjelasannya.

  89. CANA said, on November 5, 2009 at 1:43 pm

    tolong lebih jelas lagi bagian bagian organ tubuh manusia dan gambar dilampirkan secara keseluruhan maupun satupersatu dengan nama latin maupun indonesia dicantumkan dengan gambar yg besar,thanx.gbu

  90. barack said, on November 9, 2009 at 8:04 pm

    trims atas pnjelasannya…………. moga bermanpaat bagi semua……….

  91. Krisjhoxer said, on November 10, 2009 at 9:57 pm

    Thanks infonya…sangat berguna………

  92. ami said, on November 12, 2009 at 1:32 pm

    bagus banget infonya… thanks..
    oh ya, buat yang komplain, mau lebih lengkap ya baca buku aja. jangan mau praktis tapi lengkap…duilehhh cuapek deh

  93. bai doni said, on November 21, 2009 at 7:58 pm

    komplitin gambar organ seluruh tubuh………………..

  94. opick nak DA grt said, on Desember 6, 2009 at 10:57 am

    ajip eung sae pisan, htr nuhun ka ALLAH nu nyiptaken sdayana

  95. Eva Ariani said, on Desember 20, 2009 at 5:01 pm

    Saya mau beli cd interaktif tentang anatomi tubuh mani\usia dan semua yang berbau kedokteran dimana ya?

  96. Gien said, on Januari 4, 2010 at 5:14 pm

    kok ga pake bahasa latinnya???
    Tp thanks berat lo…

  97. thenX said, on Januari 6, 2010 at 4:48 pm

    bs d ceritain tentang penyakit kerangka ga!!!
    sepertiny rahang ats ma bawah saya bergeser,,,jd susah ngomong n makan!!!bs djelasin obatnya ga!!!
    terima kasih,,,,,

  98. rahma said, on Januari 9, 2010 at 2:13 pm

    tlg di bahas lg secara detail tentang bagian perut terutama ginjal..
    Thanks,..(-_-)

  99. ni nengah supleg handayani said, on Januari 16, 2010 at 2:00 am

    Terima kasih ya.Gambar ini dan uraiannya Insya Allah akan saya gunakan mengajar Ipa.Sumbernya sudah saya cantumkan ,ya !

  100. novel said, on Januari 24, 2010 at 5:00 pm

    ini anatomi atau apa?
    kagak guna bgt…kalo skdar kea gini mah kagak usah dibikin dii internet!
    buku anatomi yg paling murah pun masi lbh jelas!

  101. enda sagita kiddrockks said, on Februari 3, 2010 at 5:52 pm

    so tau nichhh novelll….

  102. enda sagita kiddrockks said, on Februari 3, 2010 at 5:53 pm

    so tau nichhh novelll….said

  103. [...] Anatomi Tubuh Manusia [...]

  104. Heru Kristiana Amd Kep said, on Februari 18, 2010 at 10:10 am

    Saya salut atas Refrensi yg di beikan stidakx buat acuan Penyuluhan di wilayah kerja saya…Saran Bahasa yg digunakan untuk gambar kalo bisa bahasa Anatomi jg biar lebih Uf To Date…Thaks…

  105. phalilox said, on Maret 1, 2010 at 9:12 am

    Terima kasih sekali atas semua wacana anatomi tubuh ini,,,semoga dengan informasi ini kita semua dapat lebih berhati-hati dalam menjaga kesehatan tubuh serta merawat organ tubuh kita.

    SALAM

    PHALILOX

  106. firman syah said, on Maret 3, 2010 at 10:28 pm

    3 tipe tubuh manusia dab gambar serta tanda2 tioe tubuh manusia tersebut?

  107. fachrizal said, on Maret 4, 2010 at 9:56 pm

    makasih atas infonya, krena info ini saya sangat terbantu.

  108. gray said, on Maret 6, 2010 at 9:10 am

    wahhh,
    alhmdulillah ni dah lumayan lengkap…
    tapi klo bisa ditambah dengan bahasa latinnya jga ya……
    ^_^

  109. heri said, on Maret 6, 2010 at 9:24 am

    bpk/ibu saya minta penjelasannya yg di sistem urinaria,,ttg otot2 yg berfungsi ketika ingin buang air kecil..

  110. heri said, on Maret 6, 2010 at 9:25 am

    bpk/ibu saya minta penjelasannya yg di sistem urinaria,,ttg otot2 yg berfungsi ketika ingin buang air kecil..
    terima kasih….

  111. mery said, on Maret 21, 2010 at 9:16 pm

    makacih dah bantu saya
    n tolong di perjelas

  112. jumar said, on Maret 25, 2010 at 11:29 pm

    saya pengelola PESANTREN KESEHATAN senang baca artikel ini. mohon ad penjelasan lebih detail lagi. terim akasih. jumarodin RSA SBK Jogja

  113. Fathul said, on April 4, 2010 at 12:59 pm

    Tolong skali kali tulis tentang fisiologi olahraga biar prkmbangan olahraga di indonesia tdkjln ditempat trims

  114. phie_phien said, on April 7, 2010 at 8:42 am

    tlonk donk..
    bkinin inti dri ini smwa + foto..
    supaya bisa d mengerti dgn cepadh n gmpank d mnegerti..
    thx..

  115. zoel said, on April 8, 2010 at 3:48 pm

    teriam kasih

  116. unga said, on April 26, 2010 at 12:54 pm

    biasa aja begooo

  117. suhari bukhori said, on Juli 23, 2010 at 10:47 pm

    mksh…atas gambr&penjlsny tapi gambar yg sy cari blm lngkp klo ada bg lg dong ilmuy yg sy cari gambar tubuh lgkp dgn sketsay & nama organya

  118. anand julio sulaeman said, on Juli 24, 2010 at 10:02 am

    terima kasih atas penjelasanya, tapi penjelasannya harus lebih lengkap

  119. diah ayu prameswari said, on Agustus 21, 2010 at 10:07 am

    terima kasih atas penjelasanya, saya bisa memahami semua ini …

  120. rani said, on Agustus 25, 2010 at 4:19 am

    thanks…
    lbih lgkap donk…

  121. lini said, on Agustus 30, 2010 at 6:29 pm

    makasih.. dulu waktu SMA saya masuk jurusan IPS. tapi sekarang saya kuliah dikeperawatan… info ini sangat membantu saya dalam belajar. terimakasih..

  122. rika said, on September 7, 2010 at 12:23 pm

    info ini snga2 pentig bwt saya….. trimakasih

  123. sariman said, on September 12, 2010 at 11:41 am

    Hmm. g bisa lebih detail age t?? q c seneng2 adja

  124. rezky van deca said, on September 27, 2010 at 1:35 pm

    keren banget nih….
    thx atas gambar-gambarnya…

  125. nix geg said, on September 29, 2010 at 10:05 pm

    knpa ya anatomi adalah pelajaran yg palng membosankan n pling susah n nyelimet di hafalin….
    tapi buangus buangetzz nie artikel cz ngebantu aku bwt nyari tgas, laen x bwd deskripsinya lbh banyak yah,,, biar ngga repot lagi q nyari2.. OYI????

  126. Any said, on Oktober 2, 2010 at 3:55 pm

    Teryata u menghapal bagian2 tubuh manusia susah… banyk istilah2

  127. ayuu said, on Oktober 3, 2010 at 5:09 am

    mohon dilampirkan beserta nama2 ilmiah dari bagian anatomi tubuh di atas… :)

  128. abimulazama said, on Oktober 6, 2010 at 4:26 pm

    trims, banyak membantu
    ijin copas gih pak!

  129. noenha said, on Oktober 9, 2010 at 3:27 pm

    kren juga,
    tolong donk kirimin nama” latinx……….. tq yagh

  130. alya said, on Oktober 16, 2010 at 7:29 am

    terimakasih udah bantu

  131. rusty said, on Oktober 31, 2010 at 10:21 am

    anatominya masih kurang..
    masih bnyk yg gk ad

  132. rahmad malik said, on November 9, 2010 at 10:09 pm

    tolong lah di lengkapi nama nama ilmiah nya. memeng sih udah bagus tapi yang saya cari nama ilmiah nya

  133. dr.Henry said, on November 16, 2010 at 8:54 am

    saya cuma ngasi saran…. image2nya diperbesar dan diperjelas lagi, karena sangat membantu bagi kalangan mahasiswa maupun siswa yang beminat untuk mengenali dan mempelajari anatom man.. nya…

  134. uznet said, on November 17, 2010 at 6:59 pm

    mantap bget<tp mhon di perjelas lbih detail tntang fungsi2 komponen dlam tbuh!
    TRIMS

  135. cellan said, on November 21, 2010 at 1:58 pm

    ketika usus tidak berfungsi lg dgn baik,maka hal apa yg pertama kali yg harus kita lakukan untuk atau paling tidak mencegah agar tidak terjadinya usus buntu atau mencegah gejala-gejala lainnya…?.mohon di jelASKAN LEBIH TERPERINCI

  136. cellan said, on November 21, 2010 at 2:00 pm

    BAGAIMANA CARA MENGATASI PENYAKIT BATU GINJAL…?

  137. cellan said, on November 21, 2010 at 2:01 pm

    apa yg menyebabkan terjadinya usus buntu,…?

  138. huda said, on Desember 3, 2010 at 10:33 am

    saya nak tahu, bolehkah tulang pada belakang (tulang pada belikat ) bergerak seperti struktur tulang x sekata?

  139. TOMI said, on Desember 7, 2010 at 9:32 am

    menggapaaaaaa cuma begitu saja apa tidak ada yang lain………………..!

  140. prof.dr.h.muhammad handal hamdallah said, on Desember 7, 2010 at 9:35 am

    tolong ditulis dengan penjelasan yang mudah mengerti lagi

  141. Kuswanto said, on Januari 26, 2011 at 9:17 am

    Asslmlkm,,,,,
    klo bsa pembhsan’x dperbnyak yaaaaaaa…. mksh!!!!!!

  142. Kuswanto said, on Januari 26, 2011 at 9:18 am

    Asslmlkm,,,,,,,,,
    klo bsa p’bhsanx dperbnyak yaaaaaaaa..

  143. arifners said, on Februari 1, 2011 at 4:48 am

    klo ingin cd animasi kedokteran (anfis dan patofisnya) belinya di mana ya?mksh

  144. SYIFA said, on Februari 6, 2011 at 10:56 am

    Bagus2 penjelasanya

  145. Dhita Prianthara said, on Februari 21, 2011 at 5:13 pm

    tambah lg infonya!!!!

  146. abdul latief syukri said, on Maret 11, 2011 at 11:50 am

    sy butuh gambar anatomi manusia bagian dalam, atau gambar jeroan manusia, karena saya memerlukannya, sebagai pembanding utuk menolong orang yg membutuhkan kesembuhan,saya menterapi melalui media ayam saya ingin persamaan anatominya untuk dijelaskan pada pasien saya supaya logik, dan obatnya sebahagian besar herbalis terima kasih atas bantuannya semoga banyak manfaat bagi saudara kita yang butuh kesehatan.

  147. abdul latief syukri said, on Maret 11, 2011 at 11:59 am

    tambahan mohon maaf, kalau ada yang punya gambar bagian dalam tubuh manusia saya sangat berterima kasih atas kebaikannya, dan mohon diemail ke syukri_alsyukri@yahoo.com
    semoga Allah swt mebalasnya dihari kemudian kelak amin trim wass

  148. Herlandcz said, on Maret 14, 2011 at 6:04 pm

    yah,…. yg kucari Tulang dan bagian nya … huuh salah cari dech… capek deh…!!!!

  149. ihsan said, on Maret 17, 2011 at 7:36 pm

    aduh

  150. apit partakusumah said, on April 6, 2011 at 8:03 am

    makasih infonya,,N gambar di add….salam

  151. DINA H said, on April 22, 2011 at 1:05 pm

    kenapa anatomi tubuh manusia tidak anda jelaskan satu per satu seperti anatomi panggul kan banyak bagiannnya. tolong ya semuanya itu di perjelas lagi.

  152. Danu said, on Mei 23, 2011 at 12:42 am

    organ tubuh perut sebelah kanan apa aja

  153. Puji lestari said, on Juni 5, 2011 at 4:58 pm

    thank’s atas ilmu yg di bagi yea…LANJUTKAN!!!!!!!!!

  154. icya said, on Juni 27, 2011 at 9:50 am

    q pngen liat letaknya masing2 organ di tubuh

  155. annisya said, on Juni 27, 2011 at 9:52 am

    pngen mndalami anatomi tubuh tpi pusing,,,nmy aneh2,,,

  156. gagan said, on Juli 15, 2011 at 7:59 pm

    bagaimana cara mudah untuk menguasai anatomi tubuh?…

  157. Kekeykirei-na Shiie Pujaanhatie Fadill said, on Agustus 2, 2011 at 6:59 pm

    mudah untuk dipahami ! tpi gmna cra ngapalinnya y ? hmpth . . .

  158. Na Slipknot Gantar said, on Agustus 10, 2011 at 7:55 pm

    thank sdhhh memberi pengetahuannyaa..

  159. Cha Lairin said, on September 12, 2011 at 6:52 pm

    lebih bagus lg kalau ditambah dengan nama2 latinnya

  160. Fernando Lewi said, on September 14, 2011 at 6:08 pm

    hebat kali penjelasannya great tp lbh bgs ditambah dng bhs latinnya agar all people tahu

  161. abdul malik said, on September 15, 2011 at 5:53 pm

    ini sangat membantu! hanya gambarnya saja kurang besar!

  162. Rizki Avenged Sevenvold said, on September 17, 2011 at 9:10 am

    kok gak ada gambar Rangka Manusianya Gan lagi Perlu nich Gan

  163. maria said, on September 18, 2011 at 5:24 pm

    teman-teman tolong bantu dong cariin macam-macam sikap anatomi

  164. maria said, on September 18, 2011 at 5:30 pm

    tolong dong bantu cari macam-macam sikap anatomi nhy …… pusing ……………..

  165. Gieta said, on September 21, 2011 at 7:10 am

    Saya mahasiswa baru jurusan kesehatan khususnya kedokteran, tolong kasih penjelasan lebih detail…pleaseee… mksih

  166. [...] Anatomi Tubuh Manusia [...]

  167. rizha said, on September 23, 2011 at 8:54 pm

    makasiii

  168. neina said, on September 26, 2011 at 1:17 pm

    nama medisnya kok tidak ada ???

  169. tias yas said, on September 29, 2011 at 10:39 am

    Akuu terbantuuuu.. thanks before…

  170. Mumu said, on Oktober 3, 2011 at 7:54 am

    Alhamdulilaah membantu sekali . Cozz saya dpet tugas suruh pelajari ini :)

  171. fajar silitonga said, on Oktober 4, 2011 at 4:55 pm

    bagi sy ini sangat penting apalagi buat anak AkPer , Terimakasih ya , Tuhan Berkati

  172. Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia said, on Oktober 6, 2011 at 6:05 am

    trima kasih infonya,..bermanfaat buat mh kedokteran

    Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia

  173. sondang said, on Oktober 7, 2011 at 7:53 pm

    rofl ir http://s14.megafilehd.com/n.php?3r3f0&req=Picture00.JPG

  174. @barker said, on Oktober 12, 2011 at 10:41 am

    mantap cuy…
    thank`s ya

  175. defly said, on Oktober 14, 2011 at 2:57 pm

    mantap….

  176. slalw zetia said, on Oktober 15, 2011 at 1:36 pm

    ko’ cman bgiiian dlm???

  177. Aat said, on Oktober 25, 2011 at 8:32 pm

    ingin yang lebih lengkap lagi……

  178. gandu said, on November 2, 2011 at 6:35 pm

    terima kasih dan sangat bagus gambar2nya kl bisa ada gambar organ tubuh keseluruhan dlm 1 gambar,agar th posisi2nya.

  179. irwan said, on November 11, 2011 at 1:02 am

    kalo ada ditambahin nama latin organ tubuh nya..mksh.

  180. Qalby said, on November 12, 2011 at 2:13 am

    :) that right.
    Tp yg ingn ku cr trnyta dkt trlampir.
    Its n0t pr0blem.

    Dgn membca kseluruhan. Alhmdulillah brtambh pngetahuanNa. Tq

  181. najmah said, on November 22, 2011 at 2:06 pm

    sistem alat geraknya tolong d’perlengkap lg donk…
    msh bxak yg krang….
    mksh…

  182. faisal said, on November 28, 2011 at 11:16 am

    trima kasih anfis ,……………….saya sangat berwawasan dengan mempelajari anfis terututama dalam ilmu kesehatan

  183. jp said, on November 28, 2011 at 6:48 pm

    masihh belum jelass,,,,,,tp sy brterima kasih krn dgn ini sy bs mngejkan tugas sy,

  184. jp said, on November 28, 2011 at 6:49 pm

    masih kurangg,,,

  185. DEWI UTARI said, on November 30, 2011 at 5:21 pm

    gada gmbar krgka mnusia nya yahh??yg lngkp gtu

  186. ebink said, on Desember 2, 2011 at 10:38 am

    kalau bisa agak dibesarin dikit gambarnya biar agak jelas juga,,,,,, thenks

  187. Kiki said, on Desember 2, 2011 at 6:53 pm

    Tolong yach kirim artikel ini ke email aku- trimakasih…:)

  188. yohan maku said, on Desember 6, 2011 at 9:08 pm

    penjelasan da ckp lengkap tpi pengertian yang kurang…
    nambah donk..

  189. iryzca@yahoo.com said, on Desember 12, 2011 at 12:40 pm

    Anatomi Tubuh Manusia

    Anatomi Tubuh Manusia disusun kedalam beberapa bagian sistem tubuh, yaitu:

    1. Sistem Kerangka

    Kerangka tubuh manusia terdiri dari susunan berbagai macam tulang yang satu sama lainnya saling berhubungan, terdiri dari:

    Tulang kepala: 8 buahkerangka-dada.jpg
    Tulang kerangka dada: 25 buah
    Tulang wajah: 14 buah
    Tulang belakang dan pinggul: 26 buah
    Tulang telinga dalam: 6 buah
    Tulang lengan: 64 buah
    Tulang lidah: 1 buah Tulang kaki: 62 buah

    Fungsi kerangka antara lain:

    menahan seluruh bagian-bagian tubuh agar tidak rubuh
    melindungi alat tubuh yang halus seperti otak, jantung, dan paru-paru
    tempat melekatnya otot-otot
    untuk pergerakan tubuh dengan perantaraan otot
    tempat pembuatan sel-sel darah terutama sel darah merah
    memberikan bentuk pada bangunan tubuh buah

    Gelang bahu yaitu persendian yang menghubungkan lengan dengan badan. Pergelangan ini mempunyai mangkok sendi yang tidak sempurna oleh karena bagian belakangnya terbuka.

    tl-bahu.jpg Gelang bahu terdiri atas tulang selangka yang melengkung berupa huruf S, dan tulang belikat yaitu sebuah tulang ceper berbentuk segi tiga.

    Gelang bahu berhubungan dengan rangka batang badan hanya pada satu tempat saja. Ujung sebelah tengah tulang selangka dihubungkan dengan pinggir atas tulang dada oleh sendi dada-selangka. Ujung sebelah luar tulang selangka berhubungan dengan dengan sebuah taju tulang belikat (ujung bahu) dengan perantaraan sendi akromioklavikula.

    Sendi lutut

    sendi-lutut.jpg Ujung bawah tulang paha mempunyai dua buah benjol sendi yang bertopang pada bidang atas tulang kering. Dengan demikian terbentuklah sebuah sendi yang dinamakan sendi lutut. Pada dinding depan sendi lutut terdapat tempurung lutut.

    2. Sistem Otot

    otot-punggung.jpg Otot punggung sejati merupakan dua buah jurai yang amat rumit susunannya, terletak di sebelah belakang kanan dan kiri tulang belakang, mengisi ruang antara taju duri dan taju lintang. Otot-otot punggung sejati itu hampir sama sekali tertutup oleh otot-otot punggung sekunder yang sebenarnya termasuk otot-otot anggota gerak atas dan bawah. Kedua jurai otot tersebut dinamakan penegak batang badan dan amat penting artinya untuk sikap dan gerakan tulang belakang.

    3. Sistem Peredaran darah

    Jantung berbentuk runjung yang terbalik letaknya. Letak jantung dalam tubuh sedemikian rupa sehingga ujung runjung tersebut (ujung jantung) mengarah ke bawah, ke depan dan ke kiri. Basis jantung mengarah ke atas, ke belakang dan sedikit ke kanan. Pada basis jantung inilah berhimpun aorta, batang nadi paru-paru, batang pembuluh balik atas dan bawah beserta ke dua (atau empat pembuluh balik paru-paru).

    jantung.jpg Bagian dalam jantung terdiri atas 4 ruang: serambi kiri, bilik kiri, serambi kanan dan bilik kanan. Serambi kiri dan bilik kiri satu sama lain berhubungan, demikian juga serambi kanan dan bilik kanan. Bagian kiri jantung dipisahkan dari bagian kanan oleh sekat rongga jantung.

    4. Sistem pernapasan

    Paru – paru merupakan sebuah alat tubuh yang sebagian besar terdiri dari gelembung (gelembung hawa/alveoli). Gelembung-gelembung hawa terdiri dari sel-sel epitel dan endotel. Banyaknya gelembung paru-paru kurang lebih 700.000.000 buah (paru-paru kanan dan kiri).

    Paru-paru terletak pada rongga dada. Pada rongga dada tengah terletak paru-paru sedangkan pada rongga dada depan terletak jantung.

    paru-paru.jpg Paru-paru terdiri dari dua bagian yaitu paru-paru kanan dan paru-paru kiri. Paru-paru kanan terbagi atas tiga belah paru (lobus) yaitu belah paru atas, belah paru tengah dan belah paru bawah. Paru-paru kiri terbagi atas dua belah paru yaitu belah paru atas dan belah paru bawah.

    5. Sistem Indera

    Alat Penglihatan

    Alat penglihatan terdiri atas bola mata, saraf penglihatan, dan alat-alat tambahan mata.
    Bola mata berbentuk bulat, hanya bidang depannya menyimpang dari bentuk bola sempurna karena selaput bening lebih menonjol ke depan. Ini terjadi karena bagian ini lebih melengkung dari pada bagian lain bola mata. Titik pusat bidang depan dan bidang belakang dinamakan kutub depan dan kutub belakang.
    Garis penghubungnya adalah sumbu mata atau sumbu penglihat.

    bola-mataBola mata dapat dibedakan dinding dan isinya. Dindingnya terdiri atas tiga lapis. Lapis luar adalah selaput keras, yang di depan beralih menjadi selaput bening. Lapis tengah dinamakan selaput koroid yang melapisi selaput keras dari dalam. Ke depan selaput koroid tidak mengikuti selaput bening. Di tempat peralihan selaput koroid dan selaput pelangi terdapat bentuk yang lebih tebal dan dikenal sebagai badan siliar. Di tengah selaput pelangi ada lubang yang disebut manik mata.

    Alat Pendengaran

    Alat pendengaran terdiri atas pendengar luar, pendengar tengah dan pendengar dalam. Pendengar luar terdiri atas daun telinga dan liang telinga luar. Daun telinga adalah sebuah lipatan kulit yang berupa rangka rawan kuping kenyal. Bagian luar liang telinga luar berdinding rawan, bagian dalamnya mempunyai dinding tulang. Ke sebelah dalam liang telinga luar dibatasi oleh selaput gendangan terhadap rongga gendangan.

    alat-pendengaranPendengar tengah terdiri atas rongga gendangan yang berhubungan dengan tekak melalui tabung pendengar Eustachius. Dalam rongga gendangan terdapat tulang-tulang pendengar, yaitu martil, landasan dan sanggurdi. Martil melekat pada selaput gendangan dan dengan sebuah sendi kecil juga berhubungan dengan landasan. Landasan mengadakan hubungan dengan sanggurdi melekat pada selaput yang menutup tingkap jorong pada dinding dalam rongga gendangan.

    Kulit

    Kulit terbagi atas kulit ari dan kulit jangat. Kulit ari terdiri atas beberapa lapis, yang teratas adalah lapis tanduk yang terdiri atas sel-sel gepeng, sedangkan lapis terdalam disebut lapis benih yang senantiasa membuat sel-sel epitel baru.

    kulitKulit jangat berupa jaringan ikat yang mengandung pembuluh-pembuluh darah dan saraf-saraf. Tonjolan kulit jangat berupa jari ke dalam kulit ari dikenal dengan papil kulit jangat. Di dalamnya terdapat kapiler darah dan limfe serta ujung-ujung saraf dengan badan-badan perasa.

    6. Sistem Pencernaan

    Rongga mulut
    mulutRongga mulut mulai dari celah mulut dan berakhir di belakang pada lubang tekak. Oleh karena lengkung gigi, rongga mulut dibagi dua bagian yaitu beranda yang terletak di luar lengkung gigi dan rongga mulut yang terdapat di belakangnya. Beranda dibatasi ke luar oleh bibir dan pipi yang mengandung otot-otot mimik dan karena itu gerakannya amat luas.

    Geligi
    Geligi terdiri atas dua baris gigi tertutup. Setiap baris gigi merupakan suatu garis melengkung yang pada rahang atas agak lain bentuknya daripada rahang bawah. Gigi pada rahang atas dan pada rahang bawah letaknya sedemikian rupa sehingga penampang terbesar setiap gigi rahang atas tepat menempati sela antara dua buah gigi rahang bawah dan sebaliknya. Jadi sewaktu mengunyah setiap gigi bekerja sama dengan dua buah gigi yang berlawanan letaknya.

    Lambung
    lambungLambung adalah bagian saluran pencernaan makanan yang melebar seperti kantong, terletakdi bagian atas rongga perut sebelah kiri, dan untuk sebagian tertutup oleh alat-alat yang letaknya berdekatan seperti hati, usus besar dan limpa. Lambung berhubungan dengan alat-alat itu dan juga dengan dinding belakang rongga perut dengan perantaraan dengan beberapa lipatan salut perut.

    7. Sistem Urinaria

    Ginjal
    ginjalGinjal adalah suatu kelenjar berbentuk seperti kacang yang terletak pada dinding belakang rongga perut setinggi ruas-ruas tulang belakang sebelah atas, ginjal kiri letaknya lebih tinggi daripada ginjal kanan. Sisi ginjal yang menghadap ke dalam berbentuk cekung. Di sini masuk nadi ginjal (dari aorta) ke dalam ginjal. Nadi ini bercabang-cabang dalam jaringan ginjal.

    Kandung kemih
    Kandung kemih merupakan tempat berkumpulnya semua air kemih yang terpancar dari saluran ginjal. Dinding kandung kemih yang terdiri atas jaringan otot polos dapat menyesuaikan diri terhadap banyaknya air kemih di dalam kandung kemih, karena dapat mengendor apabila diisi perlahan-lahan dengan air kemih.

    8. Sistem Reproduksi

    Alat reproduksi laki-laki
    Alat-alat reproduksi laki-laki dibagi atas bagian pembuat mani dan bagian penyalur mani. Bagian pertama berupa kelenjar kelamin, yaitu buah zakar yang membentuk sel-sel mani. Buah zakar kanan dan kiri tergantung di dalam sebuah lipatan kulit yang berbentuk kantong dan terletak di bawah tulang kemaluan yang dinamakan kandung buah zakar (skrotum). Pada sisi belakang setiap buah zakar terdapat anak buah zakar yang tergolong sebagai jalan penyalur.

    skrotumSel-sel mani keluar dari buah zakar dan masuk ke dalam anak buah zakar. Di sini sel-sel mani melalui suatu saluran halus yang berliku-liku dan di bagian bawah anak buah zakar beralih menjadi pipa mani, yang berjalan di depan tulang kemaluan ke atas, diiringi oleh nadi buah zakar dan anyaman pembuluh balik. Buah zakar, anak buah zakar dan tali mani diselubungi oleh beberapa kerudung dan juga selapis otot yang bernama otot pegantung yang dapat menarik buah zakar dan anak buah zakar ke atas.

    Alat reproduksi perempuan

    Alat-alat reproduksi perempuan terdiri atas indung telur, tabung rahim, rahim, liang senggama dan alat-alat kelamin luar. Indung telur berjumlah dua, terletak pada dinding sisi panggul kecil di sebelah kanan dan di sebelah kiri. Masing-masing indung telur tergantung pada beberapa ikat dan lipatan salut perut. Indung telur adalah kelenjar kelamin perempuan yang menghasilkan sel-sel kelamin, yaitu sel-sel telur.

    Sel-sel telur dalam indung telur diselubungi oleh oleh suatu selubung yang terdiri atas sel-sel,
    keseluruhannya berupa bentuk yang dinamakan folikel atau gelembung Graaf. Pada perempuan yang telah masak kelamin, folikel yang berkembang merupakan tonjolan pada permukaan indung telur, yang menyerupai permukaan buah srikaya. Setelah folikel masak, maka akan pecah sambil melemparkan ke luar sel telurnya yang kini terapung dalam rongga perut (kejadian ini disebut ovulasi).

    9. Sistem Syaraf

    Otak
    Sistem saraf pusat berkembang dari suatu struktur yang berbentuk bumbung. Pada bumbung tersebut dapat dilihat sebuah dasar, sebuah atap dan dua dinding sisi sebagai pembatas suatu terusan yang terletak di tengah. Dalam perkembangan selanjutnya pada beberapa tempat bumbung tadi menjadi tebal, sedangkan pada tempat-tempat lain dindingnya tetap tinggal seperti semula.

    bilik-otakDi sebelah depan berkembang dua gelembung yang setangkup letaknya. Gelembung-gelembung ini kemudian menjadi kedua belahan otak besar. Di sebelah belakang terbentuk otak kecil, oleh karena itu atap bumbung di sini menjadi semakin tebal.

    Sumsum Belakang
    sumsum-belakangSumsum belakang menyerupai batang kelubi yang penampangnya jorong. Letaknya dalam terusan tulang belakang anatara rongga tengkorak dan daerah pinggang. Penampangnya dari atas ke bawah semakin kecil, kecuali pada dua tempat, yaitu di daerah leher dan di daerah pinggang. Di tempat-tempat ini sumsum belakang agak melebar.

    10. Sistem Endokrin

    Kelenjar Himofise
    Kelenjar himofise adalah suatu kelenjar endokrin yang terletak di dasar tengkorak, di dalam fosa hipofise tulang spenoid. Kelenjar himofise memegang peranan penting dalam sekresi hormon dari semua organ-organ endokrin karena hormon-hormon yang dihasilkannya dapat mempengaruhi aktifitas kelenjar lainnya.

    Kelenjar Tiroid
    tiroidKelenjar tiroid terdiri atas 2 belah yang terletak di sebelah kanan batang tenggorok diikat bersama oleh jaringan tiroid dan yang melintasi batang tenggorok di sebelah depan. Kelenjar tiroid merupakan kelenjar yang terdapat di dalam leher bagian depan bawah, melekat pada dinding pangkal tenggorok.

    Sumber :

    Atlas of Human Anatomy Interactive, Icon Learning Sistems, 2003.

    Raven, P. Prof. dr, Atlas Anatomi, Jakarta, Djambatan, 2005.

    Syaifudin, H. Drs. B.AC. Anatomi Fisiologi, EGC, 1997.

    World Book Encyclopedia Deluxe 2005, Word Book Inc. Chicago.

  190. iryzca@yahoo.com said, on Desember 12, 2011 at 12:41 pm

    otot polos dapat menyesuaikan diri terhadap banyaknya air kemih di dalam kandung kemih, karena dapat mengendor apabila diisi perlahan-lahan dengan air kemih. 8. Sistem Reproduksi Alat reproduksi laki-laki Alat-alat reproduksi laki-laki dibagi atas bagian pembuat mani dan bagian penyalur mani. Bagian pertama berupa kelenjar kelamin, yaitu buah zakar yang membentuk sel-sel mani. Buah zakar kan.

  191. Pipit Yarindo said, on Desember 14, 2011 at 5:22 pm

    artikelnyaa donk,,, :)

  192. didy mukau said, on Desember 17, 2011 at 5:10 am

    kli bisa yg singat n jlas z………

  193. dewi said, on Desember 23, 2011 at 12:56 pm

    betul… betul…. betul….

  194. dewi said, on Desember 23, 2011 at 12:59 pm

    ituu sangat membantu kita dalam kesulitan pelajaran IPA !!

  195. ayu said, on Januari 12, 2012 at 12:22 pm

    bagus banget…ijin copas ya….:)

  196. sheshy said, on Januari 16, 2012 at 6:58 pm

    apa ya nama latin / ilmiahnya rongga mulut?????????????????……………..

  197. olyvmose said, on Januari 29, 2012 at 1:31 pm

    tlng dong ksh tau nama-nama tulang pd tubuh manusia dgn bahasa Latin

  198. bisa gak di lengkapi dengan nama-nama ilmiahnya.?

  199. cahaya said, on Februari 2, 2012 at 9:30 am

    saya dari mahasiswi akbid graha
    perlengkap dong sistem anatomi tubuhnya sampe 12 sistem,,,,,

    soalnya disini hx ada sepuluh tuu,,,:)

  200. filipus subur said, on Februari 16, 2012 at 11:11 pm

    Good info

  201. Rengky Puihh said, on Februari 20, 2012 at 7:57 pm

    pmbritahuan yg bgus…………

  202. Chester Linkiinpark said, on Maret 2, 2012 at 11:10 pm

    Singkat,Padat,Jelas…..Lumayanlah,klo bisa diperindahya infonya…..thanks

  203. Sun Go Kong said, on Maret 3, 2012 at 8:00 pm

    Buatin juga rangkuman yang singkat padat jelas serta mudah difahami ya……ok thanks

  204. yusuf said, on Maret 11, 2012 at 5:02 pm

    tolong berikan gambar yg di perbesar mengenai susunan otot bagian belakang terutama bagian dri bahu smpai pinggul belakang….thanks.

  205. Pahala Gultom said, on Maret 23, 2012 at 2:03 pm

    Terimakasih infonya. Tolong di berikan gambar sebesar A4.
    thanks

  206. yevitadiaries said, on April 13, 2012 at 2:03 pm

    saya butuh materi tentang persendian !! mohon banuannnya ya !

  207. info yang sangat bermanfaat sekali

  208. Marsyha devya said, on April 24, 2012 at 5:32 pm

    lumayan bisa di mengerti ..
    ckup optimis mempelajarinya !! ok

  209. Awenk said, on Juni 10, 2012 at 6:43 am

    Sebagian materi sih ada…..V alangkah bagusnya lagi low struktur Anotominya semuanya lengkap…..dan muskuloskletalnya juga bisa lengkaaapppp…..

  210. ucok nasution said, on Juli 19, 2012 at 3:56 pm

    bsa g nma organ tbuh mnusia di perjlas tlisan ny

  211. taufiq said, on Agustus 26, 2012 at 12:13 pm

    informasi yang cukup menarik untuk d ketahui

  212. i-one said, on September 11, 2012 at 9:14 pm

    tlng diperlengkap aja..

  213. rijal said, on September 20, 2012 at 10:54 pm

    ijin copas ya….wassalam

  214. siswo.satrio@yahoo.co.id said, on September 28, 2012 at 4:59 pm

    bla bla bla………………

  215. Irdina nuratikah said, on Desember 21, 2012 at 11:48 am

    Bagus tuh

  216. ridwan malik said, on Mei 8, 2013 at 6:10 am

    bagus tinggal bagaimana ALLOH menghidupkan dan mematikan kita menurut kajian kedokteran fersi terbaru ?

  217. fikrie darmawan said, on Januari 12, 2014 at 10:13 am

    fungsinya kurang kurang penjelasannya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: