berBagi yang bisa diBagi

Gejala Alam kebumian

Pembahasan Gejala Alam Kebumian disusun kedalam 4 bagian pembahasan utama, yaitu:

1. Bumi sebagai Planet

Secara fisik, Bumi dibagi menjadi lapisan Litosfer dan lapisan Astenosfer.

Lapisan Litosfer merupakan lapisan teratas yang meliputi kerak bumi dan bagian atas dari mantel bumi. Litosfer merupakan bagian yang padat, solid tetapi mudah patah. Litosfer bergerak terapung di atas astenosfer.

Astenosfer merupakan lapisan cair yang meliputi mantel bawah dan inti luar bumi. Lapisan ini “lemah” dengan temperatur yang sangat tinggi. Di lapisan ini terjadi arus konveksi yang menggerakkan lempeng-lempeng permukaan bumi.

2. Lithosfer

Tenaga tektonik menghasilkan bentukan patahan dan lipatan. Patahan adalah perubahan posisi batuan akibat bekerjanya gaya endogen pada batas lempeng.

Patahan dibedakan menjadi 2 bentuk, yaitu:

  • Graben (slenk) adalah bentuk patahan yang mengalami pemerosotan ke bawah di antara dua bagian yang tinggi.
  • Horst adalah bentuk patahan yang mengalami pengangkatan ke atas diantara dua bagian yang rendah.

Gempa bumi adalah getaran yang terjadi akibat adanya pergeseran lapisan batuan di dalam bumi. Pusat gempa yang terletak di bawah kerak bumi disebut hiposentrum. Pusat gempa pada titik di permukaan bumi yang terletak tegaklurus di atas hiposentrum disebut episentrum.

Terjadinya gempa bumi memiliki kaitan dengan proses pergeseran lempeng bumi. Lempeng pembentuk lapisan kulit bumi bergerak perlahan sekitar 10-19 cm per tahun. Gerakan lempeng ini ada yang saling menjauh, bergesekan, dan saling bertumbukan, yang kemudian mengakibatkan gempa. 

Sedimentasi adalah proses pengendapan material yang dibawa oleh air, angin atau gletser. Semua material hasil pelapukan yang tererosi akan mengendap di satu tempat sebagai sedimen.

Berdasarkan tempat dan tenaga yang mengendapkannya, proses sedimentasi dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu :

  • Sedimentasi fluvial
  • Sedimentasi aeris
  • Sedimentasi pantai

Sedimentasi fluvial adalah proses pengendapan materi yang diangkut oleh air sungai dan diendapkan di sepanjang sungai atau muara sungai. Bentang alam hasil sedimentasi fluvial antara lain pulau sungai dan delta.

sedimentasi.jpgPulau sungai merupakan dataran yang terdapat ditengah-tengah badan sungai. Sedangkan delta adalah bentukan hasil endapan lumpur, tanah, pasir dan batuan yang terdapat di muara sungai.

3. Atmosfer

Pemanasan oleh matahari terjadi dengan dua cara, yaitu:

  • Pemanasan langsung, terjadi karena adanya penyerapan sebagian sinar matahari oleh uap air,debu dan zat- zat lain yang ada di udara.
  • Pemanasan tidak langsung, terjadi karena sebagian sinar matahari selain diserap juga dipantulkan ke atmosfer. Sinar matahari yang dipantulkan ini turut memanaskan udara, terutama pada lapisan atmosfer paling bawah.

Angin Fohn (angin jatuh panas) mempunyai ciri angin jatuh yang panas dan kering. Maksud angin jatuh adalah angin yang menuruni lereng gunung setelah sebelumnya bergerak naik ke puncak gunung. Pada saat angin tersebut naik ke puncak gunung, angin tersebut mengalami penurunan suhu dan terjadi pengembunan. Pada saat melewati puncak gunung, angin tersebut telah kering dan turun melewati puncak. Namun, suhu angin tersebut naik ketika bergerak turun menuju lembah. Bahkan, ketika sampai lembah, angin tersebut suhunya lebih tinggi dari suhu udara di lembah tersebut, sehingga orang yang tinggal di lembah akan merasakan adanya aliran angin yang panas dan kering.

Contoh angin Fohn adalah angin Gending di daerah Probolinggo, Jawa Timur. Angin ini berhembus di dataran Probolinggo dari arah tenggara setelah melewati pegunungan Iyang-Argopuro pada waktu musim kemarau. (Movie di atas dikonvert dari animasi flash)

4. Hidrosfer

Hidrosfer adalah semua air yang berada di bumi, baik dalam bentuk cair (air), padat (es dan salju), maupun dalam bentuk gas (uap air). Jumlah air yang berada di bumi tidak berubah, karena air secara terus-menerus mengalami sirkulasi. Sirkulasi air meliputi proses penguapan (evaporasi), hujan (presipitasi) dan pengaliran (flow). Sirkulasi air ini disebut siklus hidrologi.

Secara umum sebaran air di permukaan bumi dibedakan menjadi air permukaan dan air tanah. Air permukaan adalah segala bentuk perairan yang berada di permukaan bumi.

Berdasarkan letaknya dibedakan sebaran air permukaan menjadi dua bagian, yaitu perairan darat dan perairan laut. Perairan darat adalah semua bentuk perairan yang berada di darat, misalnya sungai, danau dan rawa.

sungai-hidrosfer.jpgSungai merupakan alur panjang di daratan yang berfungsi menampung dan mengalirkan air dari mata air atau air hujan menuju ke laut. Profil memanjang sebuah sungai dibagi menjadi tiga bagian, yaitu bagian hulu, bagian tengah, dan bagian hilir.

56 Tanggapan

Berlangganan komentar dengan RSS.

  1. lail_azzahra said, on Mei 25, 2008 at 8:58 am

    terimakasih atas informasinya…sangat membantu dalam menyelesikan tugas

  2. Hapid said, on Juli 30, 2008 at 7:53 pm

    Terimakasih atas semua fasilitas media pembelajaran. hapid mohon lebih dilengkapi media nya untuk IPS Geografi SMP

  3. Yustine Intan said, on Agustus 3, 2008 at 11:29 am

    menurut saya, gambar-gambar yang tentang tektonisme kurang dech, and ada beberapa dari gambar itu gak bisa di copy.
    meskipun gitu, tapi semuane udah baguzZ koq………………,
    sukses teZus yAw????

  4. pramudya tri adjie said, on Januari 27, 2009 at 2:31 pm

    trims atas fasilitas yg ada di blog ini krn saya dpt nilai baik dr skul trims

  5. Sajo said, on Maret 1, 2009 at 1:54 pm

    thank’s

  6. bayu said, on Maret 1, 2009 at 1:56 pm

    mas, artikelnya saya kutip sebagian ya!

  7. bayu said, on Maret 1, 2009 at 1:57 pm

    saya mengutip sebagian isi bogini untuk tgas.

  8. Inton ganteng said, on Maret 6, 2009 at 3:46 pm

    ya itu sangat bagus

  9. ampun deh said, on Maret 30, 2009 at 4:41 pm

    makasiii om

  10. arasy said, on April 19, 2009 at 10:07 am

    MAs Minta video nya langsung via email saya bisa ndak?buat bahan ajar juga. Suwun

  11. ilmucerdas said, on Mei 24, 2009 at 2:40 pm

    saya beruntung ada blog anda soalnya aya dapat tugas presentasi bab ini . terimakasih

  12. vieda said, on Juni 4, 2009 at 1:31 pm

    ttidak ada

  13. dindaa said, on Juli 28, 2009 at 5:00 pm

    thx, maaf saiia kutip sdikit . . bwt tugas nih. hhe
    saran:
    bagian sedimentasi kurang . .

  14. fur,qon gila said, on Agustus 11, 2009 at 4:53 pm

    gw mau

  15. shita said, on September 17, 2009 at 3:53 pm

    thx’s beud ea

  16. deppaoba said, on Oktober 21, 2009 at 6:54 pm

    jika bumi tidak bersahabat jadikanlah motivasi tuk menghada
    pinya

  17. Citoporta Pranata said, on Januari 17, 2010 at 10:34 pm

    Wah, lengkap banget…Thanx atas bantuannya….

  18. iim said, on Januari 29, 2010 at 3:44 pm

    hy lindungilah bumi ini

  19. albert said, on Februari 2, 2010 at 9:30 am

    godek g da yg bsa d pke,sundel

  20. debora said, on Februari 2, 2010 at 6:11 pm

    lengkap bangetzz di google ga salah kalo ada tugas cari aja d google

  21. alfannabil said, on April 16, 2010 at 8:59 am

    materi cukup bagus dan peerlu dikembangkan lagi

  22. alfannabil said, on April 16, 2010 at 9:02 am

    saya ingin dawnload animasinya bagaimana caranya mohon bantuan karena saya baru belajar

  23. dyan fajar said, on Mei 17, 2010 at 11:02 am

    biar bumi meledak ato nggak terserah…. seng penting tugasku mari…

  24. shindy said, on Juni 16, 2010 at 9:28 pm

    haduh kenapa gua baru nemuin page lo sekarang
    ini ngebantu bgt tapi lo kurang ngejelasin 1 per 1 tengtang sedimentasinya . thx

  25. widya said, on Juli 23, 2010 at 5:18 pm

    wah, saya jadi bisa jawab pertanyaan anak saya,, makasih ya pak.

  26. icha said, on September 1, 2010 at 8:59 am

    mteri ini cukup bgus tp ,shingga saya ingn mmplajari mtri ini lbih dlm agr sssya bsa mndlami ilmu ini lbih baik lgi

  27. matrix said, on September 2, 2010 at 12:02 pm

    lumayan sch..

  28. denny said, on Oktober 17, 2010 at 7:03 pm

    alhamdulillah alam semakin baik, makasik om

  29. joko said, on Oktober 27, 2010 at 10:56 am

    top bgt

  30. milania said, on Januari 13, 2011 at 7:09 pm

    ass.wr.wb
    eh gue ada tugas buat kliping tentang gejala alam !
    tolong yah yang nemuin tentang gejala alam kasih tau gue !!
    makasih ^_^

  31. CINDY WARSORIDJO said, on Januari 24, 2011 at 10:22 pm

    BAGUS SHIC TAPI YG Q’CARI NGAK ADA PENJELASANNYA

  32. CINDY CLOVED said, on Januari 24, 2011 at 10:33 pm

    aq pnya tugas ni,tentang bumi sebagai planet…………
    jika kalian nemuin yang penjelasannya lebih lengkap tolong beri tau aq yaahc……..???

  33. suretno said, on Februari 22, 2011 at 9:44 pm

    trimakasih infonya pak …. lamkenal saya jg guru dan lulusan ikip malang tahun 2000

  34. nDha said, on Maret 5, 2011 at 3:09 pm

    tHank’S….cZ,,g bUaNax tUgS niiGhhhh AmpYuuuuNddDeeeeeegHHHHhHHHHH

  35. Wafa Nafila said, on Juli 24, 2011 at 4:31 pm

    Makasih ya atas info nya….sangat membantu dalam menyelesaikan tugas dari sekolah…:)

  36. Fernando Lewi said, on September 14, 2011 at 6:39 pm

    makasih ya pak atas info nya, itu dapat menambah wawasan saya… :D

  37. Triana Insani said, on September 28, 2011 at 5:15 pm

    terimakasi atas bantuannya, cukup membantu dalam mengerjakan tugas sekolah saya..

  38. irfan said, on Oktober 12, 2011 at 9:31 pm

    thnak’bagus

  39. Baiq said, on Oktober 16, 2011 at 2:30 pm

    niCE SumBEr…… thAnkS BAnget Bwt BAntuAnnya….. :)

  40. erikakuswan said, on Oktober 20, 2011 at 12:15 pm

    movienya kurang kreatif ya

  41. novnovcuteah said, on Oktober 20, 2011 at 12:17 pm

    Keren!! Thanks ya,,, :))) hahaha

  42. erikakuswan said, on Oktober 20, 2011 at 12:17 pm

    tapi yaa, makasih dech…hihih
    dah lumayan koook

  43. erikakuswan said, on Oktober 20, 2011 at 12:20 pm

    eh @novnovcuteah gimana menurut kamu????

  44. Allan richard said, on Oktober 27, 2011 at 9:57 pm

    terima kasih
    sangat bermanfaat

  45. Syarifah mutia said, on Desember 13, 2011 at 11:00 am

    Mksh y ats bhn_a……..?

  46. bambang weni said, on Januari 3, 2012 at 12:05 pm

    terimakasih infonya!smga bisa ditambah lagi info baru tentang gejala alam.sukses untuk kamu!

  47. chyka said, on Januari 27, 2012 at 6:56 pm

    thanksssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssss

  48. Gue gitu lohhh said, on Februari 13, 2012 at 11:12 pm

    like this

  49. ardelia said, on Februari 24, 2012 at 8:03 pm

    trmksh saya jadi paham!!!!

  50. agsa said, on Februari 24, 2012 at 8:04 pm

    y…

  51. hany_22@yahoo said, on Februari 26, 2012 at 1:43 pm

    makasihh saya jadi lancar presentasinya.

  52. cerribelle said, on Maret 2, 2012 at 10:57 pm

    Tambahi Asal Usul Penciptaan bumi beserta beberapa teorinya ya….

  53. Agnes Monica suka belajar said, on Maret 2, 2012 at 11:01 pm

    Kren bener videonya jok’wele-wele

  54. miftaoktaviani@gmail.com said, on Agustus 2, 2012 at 4:30 pm

    menurut aku ini kurang lengkap
    ya gitu deh

  55. ananda salsabillah harahap said, on Januari 9, 2013 at 1:20 pm

    . mennuurut akhuuee
    sedikit kurang lenkap dechh :)

  56. hafid said, on Oktober 8, 2013 at 8:56 pm

    cari asterofer dong


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: